Deretan Mobil Listrik yang Bebas Ganjil Genap Saat Mudik

Tidak pingin repot ganjil genap selama mudik lebaran? Berikut pilihan mobil listrik yang bebas ganjil genap, cocok untuk perjalanan jarak jauh.

Minggu, 24 April 2022 16:15
Deretan Mobil Listrik yang Bebas Ganjil Genap Saat Mudik Nissan LEAF (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Editor : Arendra Pranayaditya

Otosia.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mepersilakan masyarakat untuk melakukan mudik. Namun Jokowi menyarankan agar pemudik berangkat lebih awal untuk menghindari kepadatan.

"Yang berat memang adalah yang mudik lewat darat. Ada 23 juta mobil yang akan mudik (dan) 17 juta sepeda motor yang akan mudik. Angka-angka ini bukanlah angka-angka yang kecil," papar Jokowi, dikutip dari video YouTube unggahan akun Sekretariat Presiden, Rabu (20/4/2022).

Untuk mengurangi potensi kemacetan, pemerintah memberlakukan beberapa aturan jalan. Salah satunya adalah sistem ganjil-genap di jalan tol, yang berlaku untuk kendaraan berbahan bakar konvensional.

Oleh sebab itu, bagi yang tidak ingin berangkat tepat waktu, beberapa mobil listrik berikut ini bisa menjadi pilihan menarik untuk digunakan selama mudik.

1 dari 10 Halaman

1.     DFSK Gelora E

DFSK Gelora E (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Pertama adalah DFSK Gelora E. Mobil ini masih menjadi pilihan mobil listrik termurah di Indonesia, yakni Rp 480 juta untuk tipe Blind Van atau Rp 577,8 juta untuk varian Mini Bus.

Untuk mudik, tipe Mini Bus lebih ideal karena DFSK menyematkan deretan kursi hingga baris ketiga. Tidak hanya itu, bentuk bodi yang mengotak dan adanya kaca untuk setiap kursi meningkatkan kepraktisan dan kenyamanan mobil.

Lantaran berbasis mobil niaga, kumpulan fitur mobil ini cukup standar. DFSK Gelora E sudah dilengkapi C, power window, head unit 8 inci, tuas transmisi model kenob, speedometer dengan MID, kamera mundur, ABS, EBD, serta sensor parkir belakang.

Motor listrik bawaannya mempunyai daya pacu sebesar 82 hp dengan torsi maksimal 200 Nm. Baterai yang digunakan berukuran 42 kWh dan bisa menempuh jarak sekitar 300 km atau lebih.

 

2 dari 10 Halaman

2.     Hyundai Ioniq

Hyundai Ioniq (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Berikutnya adalah Hyundai Ioniq. Hyundai menawarkan dua model, yakni Ioniq Prime dengan banderolan Rp 682 juta atau tipe termahal Ioniq Signature yang dijual Rp 732 juta.

Tipe Signature, selain lebih mahal, juga menjadi model dengan paket fitur lebih lengkap. Mobil ini telah disematakan kursi elektrik, ambient lighting, pendingin dan pemanas kursi, serta ada sunroof di atap.

3 dari 10 Halaman

Selain itu, Hyundai Ioniq Signature juga disematkan peranti keselamatan Hyundai Smartsense. Artinya teknologi seperti Collision Mitigation Braking SystemBlind Spot Warning dan Rear Cross Traffic Alert sudah tersedia pada model ini.

Jantung pacu elektriknya menghasilkan tenaga 139hp dan torsi 295Nm. Hyundai menyematkan baterai  38,3kWh dan mengklaim bahwa mobil ini sanggup menjelajah sejauh 373 km. Akselerasi 0-100 km/jam membutuhkan waktu 9.9 detik.

4 dari 10 Halaman

3.     Hyundai Kona Electric

Hyundai Kona Electric (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Alternatif dari Hyundai Ioniq adalah Kona Electric. Mobil ini mengusung bodi SUV dengan ground clearance lebih tinggi, cocok untuk melintasi berbagai macam jalan yang lebih menantang.

Lantaran dijual hanya sebagai tipe Signature, Kona Electric juga sama kompletnya seperti Ioniq Signature. Dengan kata lain mobil ini sudah mempunyai sunroof, kursi dengan pemanas dan pendingin, wireless charging dan bahkan Hyundai Smartsense.

5 dari 10 Halaman

Hyundai Kona Electric dipasangkan motor listrik dengan semburan tenaga 34 hp dan torsi puncak 395 Nm. Baterainya berukuran 39.2 kWh dan mempunyai jarak tempuh 345 km. Akselerasi 0-100 km/jam membutuhkan waktu 9.7 detik.

Hyundai menjual mobil ini dengan harga Rp 742 juta.

6 dari 10 Halaman

4.     Nissan LEAF

Nissan LEAF (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Pilihan berikutnya adalah Nissan LEAF. Hatchback satu ini sempat diperkenalkan di GIIAS 2019, namun baru tahun lalu dijual secara resmi ke publik.

Meski lebih telat dibanding yang lain, mobil listrik tawaran dari Nissan ini tidak kalah menarik. Nissan LEAF sudah dilengkapi serangkaian fitur kenyamanan dan keselamatan, di antaranya pemanas kursi, jok kulit, speedometer digital, Forward Collision Warning and Braking SystemIntelligent Trace Control, kamera 360 derajat dan masih banyak lagi.

7 dari 10 Halaman

Nissan menyematkan motor listrik dengan total output 148hp dan torsi maksimal 320Nm. Dengan baterai 40kWh, mobil ini bisa menempuh jarak 311 km dalam sekali pengisian daya. Akselerasi dari 0-100 km/jam hanya membutuhkan waktu 7.9 detik.

Mobil ini dijual mulai dari Rp 728 juta.

8 dari 10 Halaman

5.     Lexus UX300e

Lexus UX300e (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Terakhir adalah pilihan mobil listrik premium, yakni Lexus UX300e. Mobil ini ditawarkan dengan harga Rp 1.4 miliar dan menjanjikan rasa berkendara yang mewah, berbeda dengan kompetitor lainnya.

Harga yang relatif tinggi tersebut diikuti dengan beragam fitur yang menarik, di antaranya jok kulit dengan motif 'sashiko', wireless illumination, serta sistem audio premium merek Mark Levinson dengan 13 speaker.

 

9 dari 10 Halaman

Lexus UX300e dibekali perangkat keselamatan komplet, seperti 10 airbags, lane trace assistpre-collision systemblind spot monitordynamic radar cruise controlhead up display, kamera panoramic.

Dapur pacu listriknya memuntahkan tenaga sebesar 201 hp dengan torsi maksimal 301 Nm. Dengan baterai berukuran 54.3 kWh, SUV ini sanggup menempuh jarak 300km. Akselerasi 0-100 km/jam membutuhkan waktu 7.5 detik saja.

10 dari 10 Halaman

(kpl/dit)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami