Deretan Mobil Bakal Laris pada 2018

Sedikitnya ada enam mobil yang siap bersaing di pasar otomotif Indonesia pada 2018.

Rabu, 27 Desember 2017 08:00
Deretan mobil terbaru pada 2018
Editor : Arry
Reporter : Rohimat

Otosia.com - Pada 2018 mendatang, beberapa produsen otomotif di Indonesia mulai mengeluarkan produk terbaru mereka. Tak hanya produsen asal Jepang saja, salah satu produsen asal China, yakni Wuling ikut meramaikan industri otomotif di tanah air.

Berdasarkan data yang dihimpun Otosia, pada 2018 nanti sedikitnya sudah ada empat mobil terbaru yang bakal melenggang di pasar otomotif tanah air. Toyota, Daihatsu, Honda, Mitsubishi dan Wuling siap meramaikan pasar otomotif di tanah air.

1. Toyota Avanza

PT Toyota-Astra Motor (TAM) dikabarkan akan segera mengeluarkan varian terbaru dari Avanza pada 2018. Mobil ini sangat laris di pasaran hingga disebut dengan mobil sejuta umat.

Tingkat persaingan di segmen low MPV (mobil keluarga) semakin ketat sejak tahun ini, akibat kehadiran Mitsubishi Xpander dan Wuling Confero, kemungkinan menjadi pertimbangan Toyota Indonesia.

"Setelah All New Toyota Rush diluncurkan, giliran Avanza pada tahun depan," ungkap Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager TAM.

Toyota Indonesia terakhir melakukan major change model di Avanza pada Agustus 2015, setelah model All New Avanza (generasi kedua) meluncur pada 2011.

2. Toyota Rush

Akhir November 2017, Toyota mengeluarkan Rush terbaru. Rush baru ini mengalami perubahan bentuk bodi dari versi sebelumnya. SUV ini juga tidak lagi memakai ban serep di belakang alias serep konde.

Perubahan ini tidak lain diperoleh setelah mengumpulkan masukan dari para konsumen terdahulu.

"Rush terbaru hadir dengan gaya yang lebih modern dan dinamis dengan interior lebih lega," ujar Presiden Direktur Toyota Astra Motor Yoshihiro Nakata.

3. Daihatsu Terios

Hampir berbarengan dengan Toyota Rush, Daihatsu juga meluncurkan Terios. Setelah 10 tahun, PT Astra Daihatsu Motor secara resmi meluncurkan All New Terios, Kamis 23 November 2017.

Terios terbaru ini hadir dengan konsep compact 7-seater SUV mobil pabrikan Jepang ini diklaim lebih mewah dan modern. Untuk tampilan eksterior, Terios terbaru diklaim lebih mewah karena disematkan fitur-fitur canggih, seperti push start/ stop button.

"Dengan push start/stop button, menyalakan dan mematikan mesin menjadi lebih mudah dan nyaman. Digital Auto AC semakin menambah kenyamanan bagi penumpang, dengan mengatur suhu sesuai keinginan," kata Research & Development Executive officer ADM, Pradipto Sugondo, di Jakarta Pusat.

4. Mitsubishi Expander

Pada Agustus 2017, Mitsubishi resmi meluncur di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017. Mereka pun merilis harga yang bisa dijadikan masyarakat sebagai patokan untuk mulai memesan kendaraan ini.

Model ini dilahirkan sebagai Low MPV dengan pendekatan crossover. DNAnya menggabungkan ketangguhan SUV khas Mitsubishi dan kenyamanan MPV. Alhasil, Xpander sukses tampil sebagai perpaduan keduanya, yang menjadikannya unggul di antara para kompetitor.

Mitsubishi Xpander, merupakan perwujudan projek XM Concept. Prototipenya pertama kali disodorkan pada GIIAS 2016. Saat itu, disebutkan versi produksinya bakal mirip dengan konsepnya. Sebab, XM sudah mencerminkan 80 persen dari hasil jadinya.

Mobil yang dikembangkan selama 3 tahun ini, dipamerkan secara eksklusif sebelumnya pada akhir bulan Juli lalu. Kala itu, Small MPV ini masih tanpa nama. Mitsubishi menjulukinya Next Generation Small MPV.

5. Wuling Cortez

Produk kedua Wuling akan segera meluncur di Indonesia awal tahun depan, mobil yang konon akan memiliki kelas setara Innova dengan harga setara Avanza dan Xpander ini mulai terendus sebelum diluncurkan. Mobil tersebut akan memiliki nama yang lebih familiar dengan nama Wuling Cortez, bukan Baojun 730.

Sama seperti Wuling Confero S yang merupakan nama keren dari Wuling Hongguang S1. Wuling Cortez yang disebut-sebut akan menjadi penakluk asal China ini tidak bisa dipandang sebelah mata.

Berbagai fitur canggih dan modern disematkan di dalam mobil ini. Mulai dari ESC, HSA, 6 buah airbags, electronic parking brake, light sensor, auto rain sensor, AC digital dan head unit ala-ala iDrive akan menghiasi kabin Wuling Cortez.

Di sisi pengemudi juga kita akan mendapatkan layar TFT besar dan berwarna pada speedometer, cruise control, leather steering wheel, all auto power window, leather seat, bahkan jika kita melihat bagian bawa kabin, kita akan menemukan lampu berwarna biru lembut jika salah satu pintu mobil terbuka.

6. Honda HR-V

Pada 2017 Honda telah memberi penyegaran kepada produk sedan kecilnya, Honda City, dan hatchback Honda Jazz juga segera menyusul untuk disegarkan.

Dikutip dari laman Paultan, model crossover yang menggunakan basis serupa, Honda HR-V, juga rencananya bakal menerima beberapa sentuhan facelift. Penampilan dari facelift dari HR-V baru akan diperkenalkan kepada publik pada 2018 mendatang.

Mengingat penyegaran yang sebelumnya diberikan kepada City dan Jazz, maka facelift HR-V kemungkinan hanya berupa kosmetik luar, dan tidak menyentuh bagian jeroan mesin.

BERITA MENARIK LAINNYA

(kpl/mat)
TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami