Deretan 10 Mobil Hatchback Terbaik di Dunia Versi Gayot

Mobil hatchback di banyak belahan bumi dengan kota yang berpopulasikan tinggi, menjadi primadona sebagai tunggangan masyarakat setempat. Saling bersaing dengan mobil yang memiliki kelas yang berbeda seperti MPV, SUV dan sedan.

Selasa, 26 Agustus 2014 18:15
Deretan 10 Mobil Hatchback Terbaik di Dunia Versi Gayot Mobil-mobil hatchback terbaik (Foto: Istimewa)

Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Mobil hatchback di banyak belahan bumi dengan kota yang berpopulasikan tinggi, menjadi primadona sebagai tunggangan masyarakat setempat. Saling bersaing dengan mobil yang memiliki kelas yang berbeda seperti MPV, SUV dan sedan.

Secara teknis, mobil hatchback adalah mobil yang mempunyai swing door di bagian belakang mobil untuk menggapai ruang kargo yang diperuntukkan menempatkan barang-barang yang akan dibawa.

Beberapa mobil hatchback di bawah ini sudah memasuki pasar Indonesia, dan beberapa yang lain belum. Kira-kira mobil hatchback mana saja yang dinilai punya reputasi terbaik? Menilik dari performa, harga, ketersediaan serta fitur fitur yang ditawarkan menurut gayot? Ini dia daftarnya, bro!

1 dari 10 Halaman

Mitsubishi Mirage

Mitsubishi Mirage

Sedikit mengejutkan karena mitsubishi yang di beberapa negara termasuk di Indonesia lebih mengandalkan eksistensi Outlander Sport dan Pajero, ternyata mendapat perhatian lebih untuk kelas hatchbacknya pada diri Mitsubishi Mirage.

Secara harga sendiri Mitsubishi Mirage juga sangat terjangkau untuk masyarakat dunia, apalagi rasio konsumsi bahan bakarnya juga sangat baik.

2 dari 10 Halaman

Ford Focus

Ford Focus

Ford Fiesta mungkin jadi yang lebih disanjung-sanjung di tanah air, apalagi dengan keberadaan Ecoboostnya yang membuat penggila mobil hemat jadi kesengsem. Tapi di negara-negara besar seperti Uni Eropa dan Amerika Serikat, pengakuan jatuh lebih berat kepada Ford Focus, dan benar saja, Focus hatchback jauh lebih laku daripada Ford Fiesta.

3 dari 10 Halaman

Subaru Impreza WRX 5 doors

Subaru Impreza WRX 5 doors

Subaru Impreza yang identik dengan mobil yang memiliki performa dan akselerasi sangat baik, tak alpa menyematkan turbocharger pada diri Subaru Imprezza WRX berpintu 5 ini.

Menyentuh angka 4,7 detik saat dipacu sampai kecepatan 100 km/jam bukanlah hasil yang biasa-biasa saja, terutama untuk mobil dengan kelas hatchback.

4 dari 10 Halaman

Chevrolet Aveo

Chevrolet Aveo

Cukup miripnya bagian belakang dari Aveo dan Sparks membuat kadang berfikiran kedua mobil ini adalah identik. Padahal Sparks dan Aveo adalah dua mobil dengan tujuan pembuatan yang berbeda meskipun dalam satu pabrikan. Aveo terlihat lebih modis dan elegan daripada Sparks yang lebih menonjolkan sisi sportynya.

5 dari 10 Halaman

Honda Jazz

Honda Jazz

Sudah barang tentu banyak orang akan mengusulkan Honda Jazz menjadi salah satu dari beberapa mobil hatchback terbaik di dunia.

Mobil yang di Indonesia menjadi saingan berat dari beberapa mobil hatchback seperti Yaris dan Mazda 2 ini nyatanya lebih memiliki reputasi di dunia daripada 2 rivalnya tersebut. Modelnya sendiri juga sama sekali tidak mengecewakan, terutama pada diri All New Honda Jazz

6 dari 10 Halaman

Kia Forte 5

Kia Forte 5

Pabrikan Korea ini juga secara eksklusif menyematkan model mobil yang terkesan kalem, namun dengan pesona yang sangat baik pada diri Kia Forte 5. Secara konsumsi bahan bakar Kia Forte juga sangat baik, apabila dibandingkan di kota dengan mobil yang sejenis.

7 dari 10 Halaman

Nissan Versa Note

Nissan Versa Note

Mobil ini memang tidak dibekali dengan performa luar biasa untuk urusan kebut-kebutan, tapi konsumsi bahan bakarnya terhitung cukup baik dibandingkan dengan rasio milik Hyundai Veloster atau dengan Subaru Impreza. Bagian bagasinya cukup lapang untuk ukuran mobil hatchback.

8 dari 10 Halaman

Hyundai Veloster Turbo

Hyundai Veloster Turbo

Salah satu mobil dengan bekal turbocharger yang dibuat oleh Hyundai. Mobil ini dibekali dengan tenaga yang sangat baik, mencapai 200hp. Hanya saja mobil ini memang masih harus jadi daftar kesekian apabila akan dibeli, karena konsumsi bahan bakarnya yang jadi konsekuensi performa yang dibekalkan kepadanya.

9 dari 10 Halaman

Mazda 3

Mazda 3

Mobil ini memang tidak benar-benar populer di Indonesia, tapi dari beberapa sumber bisa dilihat performa yang baik benar-benar ditanamkan Mazda pada Mazda 3.

Apabila diperbandingkan dalam satu merk. Mazda 3 hanya kalah dari Mazda 2 untuk urusan performa, dalam hal ini bagaimana shifting dalam transmisi manualnya terasa sangat halus.

10 dari 10 Halaman

Volkswagen GTI 2014

Volkswagen GTI 2014

Mobil jepang memang bisa mendominasi daftar terbaik dalam urusan penjualan di seluruh dunia, tapi tak bisa dipungkiri bahwa mobil eropa masih wahid dalam urusan yang lain. Menjadi pembeda adalah sifat dari Volkswagen, dan beberapa mobil hatchbacknya selalu jadi pilihan di benua biru mengalahkan mobil dari Jepang. Salah satu yang terbaik adalah Volkswagen GTIĀ 

(kpl/fjr)

TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami