Datsun Cross Ternyata Masih Ramai, Ini Buktinya

Penjualan Datsun Cross sepanjang semester pertama 2019 menunjukkan tren positif. Artinya, peminat Datsun Cross di Indonesia juga bertambah.

Selasa, 30 Juli 2019 12:15
Datsun Cross Ternyata Masih Ramai, Ini Buktinya Datsun Cross (Datsun Indonesia)

Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Pamor Datsun di segmen LCGC saat ini terbilang tengah redup. Sepasang mobil yang ditawarkan, Datsun GO Panca dan Datsun GO+ Panca masih kalah dengan para pesaingnya, seperti Honda Brio Satya dan Toyota Calya.

Namun, anak perusahaan Nissan ini masih memiliki 1 senjata lagi yang beredar di segmen city car non-LCGC, Datsun Cross. Dengan penampilan layaknya crossover atau SUV compact, mobil itu ternyata ramai peminat.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) angka penjualan Datsun Cross secara wholesales (dari pabrik ke dealer) pada semester pertama 2019 menunjukkan tren positif.

Sempat hanya terdistribusi sebanyak 60 unit di periode Januari, angka penjualan mobil ini sekarang melonjak dan mencapai 535 unit pada Juni kemarin. Jumlah tersebut sekaligus menjadi capaian tertinggi untuk sementara ini.

1 dari 3 Halaman

Eksterior

Eksterior

Datsun Cross hadir dengan konsep crossover yang dibekali ground clearance tinggi, 200 mm, dan terdapat body cladding di sekelilingnya untuk melindungi mobil ini dari pecahan batu serta membuat tampilannya lebih gagah.

Sektor depannya dihuni oleh gril hexagonal khas Datsun. Komponen tersebut diapit LED projector headlight yang dipadu dengan LED DRL. Persis di bawahnya terdapat foglamp bohlam berbentuk bulat.

Kesan SUV compact juga sukses dimunculkan oleh pemasangan roof-rail di atap dengan kapasitas muatan 30 kg. Sedangkan bagian belakangnya memiliki spoiler dengan built-in stoplamp yang membuat tampilannya lebih sporty.

Selain itu, terpasang juga velg berukuran 15 inci berpalang kembar single-tone yang tampak gagah. Komponen tersebut dibalut dengan ban 175/65 R15.

 

2 dari 3 Halaman

Interior

Interior

Pesona Datsun Cross juga ada di interiornya. Mobil ini memiliki head-unit display 2DIN 6,75 inci dan dapat terhubung ke smartphone melalui aplikasi Android Auto atau pun Apple CarPlay.

Meski masih menggunakan instrumen panel analog dan MID Digital monokrom, informasi yang disampaikan terbilang lengkap, seperti kecepatan, putaran mesin, indikator bahan bakar, bahan bakar rata-rata dan real-time, serta jarak tempuh dengan bahan bakar yang tersedia.

Dashboard dan door-trim Datsun Cross juga tampak elegan dengan warna hitam doff dan dipadu aksen hitam di beberapa tempat, seperti bingkai head-unit, setir, instrumen panel, konsol transmisi, dan handle pintu.

Kepraktisan Datsun Cross juga menjadi pesona tersendiri. Mobil ini mampu memuat 7 penumpang serta bangku baris kedua dan ketiganya dapat dilipat rata lantai untuk menambah ruang bagasinya.

 

3 dari 3 Halaman

Performa

Performa

Sayangnya, performa Datsun Cross tak terlalu istimewa. Dapur dihuni mesin 3-silinder inline 1.198 cc. Konfigurasi tersebut hanya menghasilkan tenaga sebesar 77 hp dengan torsi maksimum 104 Nm.

Namun, mesin tersebut dikawinkan dengan sistem transmisi CVT. Kombinasi ini membuat perpindahan transmisi menjadi lebih mulus dan menambah efisiensi bahan bakar.

Daya tarik pada Datsun Cross adalah radius putarnya yang kecil, mencapai 4,6 meter. Dengan kelebihan ini, pengguna Datsun Cross dapat bermanuver dengan mudah di jalanan kota yang sempit dan memiliki tikungan tajam.

Berdasarkan situs Datsun Indonesia, harga Datsun Cross saat ini mencapai Rp161,49 juta untuk tipe transmisi manual dan Datsun Cross CVT dibanderol Rp173,99 juta (OTR Jakarta 2019).

(kpl/crn)

Join Otosia.com
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami