Dashboard Mobil Retak? Ini 4 Tips Perbaikinya

Keretakan ini umumnya terjadi pada dashboard yang terbuat dari material pelastik pada mobil yang sudah berusia di atas lima tahun

Senin, 11 Desember 2017 07:00
Ilustrasi Dashboard Mobil Retak (nissan.co.id)
Editor : Arry

Otosia.com - Dashboard adalah salah satu interior penting di mobil. Sebab, banyak panel indikator mobil ditempatkan di dashboard.

Namun, apa reaksi otolovers saat masuk mobil dan menemukan dashboard retak? Pasti Otolovers bingung bagaimana cara memperbaikinya.

Keretakan ini umumnya terjadi pada dashboard yang terbuat dari material pelastik pada mobil yang sudah berusia di atas lima tahun. Penyebabnya, adalah karena seringnya dashboard terpapar sinar matahari.

Jika dashboard mobil Anda mengalami hal ini, Otolovers tidak perlu cemas. Dikutip dari laman Nissan, ini tips empat langkah memperbaiki dashboard retak agar terlihat baru lagi:

1. Cairan Pengisi Khusus Dashboard
Anda dapat menggunakan cairan pengisi khusus dashboard. Cairan ini cukup mudah ditemukan di toko otomotif dan bengkel. Anda pun dapat memilih warna yang sesuai dengan kebutuhan karena cairan ini memiliki beragam warna.

2. Pelapis Dashboard
Menggunakan pelapis dashboard juga dapat menjadi solusi untuk mengatasi dashboard mobil yang retak. Pelapis ini juga mudah ditemukan pada toko variasi jok dan sama seperti cairan pengisi khusus dashboard, serta memiliki warna yang beragam. Namun, untuk menggunakannya, Anda perlu berhati-hati agar pelapis tidak menutupi airbag mobil Anda yang dapat mengganggu keselamatan saat terjadi kecelakaan.

3. Cairan Pembersih Khusus Dashboard
Cara lainnya adalah dengan menggunakan penyedot debu, kemoceng, atau kain lap bersih dengan permukaan yang halus sehingga tidak meninggalkan lecet pada dashboard mobil. Anda juga dapat menyemprotkan cairan pembersih khusus dashboard. Sangat disarankan pula untuk memilih cairan lotion dan menghindari cairan yang mengandung silikon, agar warna pada permukaan dashboard tidak berubah.

4. Mengganti Dashboard
Cara terakhir adalah dengan mengganti seluruh dashboard dengan yang baru. Meskipun harus mengeluarkan biaya yang lebih besar dibanding cara lainnya, tetapi cara ini memiliki tingkat kepuasan tersendiri.

BERITA YANG TAK BOLEH DILEWATKAN LAINNYA!

(kpl/ary)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami