Daihatsu Sigra Diisi 7 Penumpang Dewasa, Seberapa Ambles?

Low Cost Green Car (LCGC) segmen Multi Purpose Vehicle (MPV) Daihatsu Sigra dirancang agar bisa menampung hingga 7 penumpang.

Selasa, 20 Februari 2018 20:15
Foto: Nazar Ray
Editor : Fitradian Dhimas
Reporter : Muhammad Hafid

Otosia.com - Low Cost Green Car (LCGC) segmen Multi Purpose Vehicle (MPV) Daihatsu Sigra dirancang agar bisa menampung hingga 7 penumpang. Namun timbul pertanyaan seberapa amankah Sigra jika benar-benar disesaki hingga 7 penumpang dewasa?

Otosia mencoba mengonfirmasi hal ini kepada Daihatsu. Menurut Daihatsu, LCGC MPV seperti Sigra telah diatur agar mampu menampung beban 70 kilogram per orang atau total 490 kilogram. Apabila dipenuhi beban berlebih, Bambang menilai tidak ada dampak yang terlalu signifikan terhadap komponen Sigra.

Terkait suspensi yang terkesan amblas karena beban, dikatakan bahwa Sigra telah dilengkapi rubber stoper. Sehingga risiko terjadinya sentuhan antara fender dengan ban terhindar.

"Ada pengaruhnya, hanya saja tidak bisa dihitung linear atau eksak. Mungkin kenyamanan penumpang jadi kurang karena desak-desakan. Suspensi aman karena ada rubber stoper," jelas staf teknikal Daihatsu lewat pesan elektronik.

Meski begitu, pengemudi harus memahami risiko apabila berkendara dengan beban lebih berat. Seperti jarak pengereman yang menjadi lebih jauh dan kelincahan berkendara yang berkurang.

"Ya itu salah satu dampaknya, bahwa driver harus paham apa yang dibawa," tutupnya.

BERITA MENARIK LAINNYA

(kpl/fid/fdk)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami