Daihatsu Rocky Hybrid Segera Mengaspal Tahun 2021

Daihatsu Rocky sempat ramai disebut akan diboyong ke Indonesia. Kini belum sempat kabar itu terwujud, Daihatsu Rocky akan memiliki versi hybrid.

Selasa, 26 Januari 2021 08:15
Daihatsu Rocky Hybrid Segera Mengaspal Tahun 2021 Daihatsu Rocky 2020 (Daihatsu)

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Daihatsu Rocky juga akan segera memiliki versi hybrid. Daihatsu disebut berencana meluncurkan Rocky Hybrid itu pada tahun 2021. Teknologi yang akan dipakai Rocky hybrid itu dikembangkan bersama oleh perusahaan induknya, Toyota Motor Corporation (TMC).

Melansir Asia Nikkei, langkah pabrikan yang ahli dalam membuat mobil kecil ini, sebagai usaha untuk mengejar ketertinggalannya di pasar kendaraan listrik. Pasalnya, banyak pabrikan yang sudah membuat mobil hybrid, plug-in hybrid (PHEV), dan listrik karena Jepang bertujuan untuk mencapai nol emisi karbon pada 2050.

Daihatsu Rocky hybrid ini diperkirakan akan jauh lebih mahal dibanding versi konvensional. Tapi, bakal mendapatkan penghematan bakar 20 sampai 30 persen dibanding versi bensin.

1 dari 2 Halaman

Saat mengembangkan mobil kecil atau subkompak hybrid, pembuat mobil biasanya menggunakan sistem penggerak yang disederhanakan dengan motor listrik untuk melengkapi jantung penggerak sebagai langkah untuk menekan harga.

Mengacu sistem Toyota, Daihatsu telah mengembangkan hybrid lengkap di mana hanya motor yang dapat memutar roda saat mesin dimatikan.

Perusahaan yang berbasis di Osaka itu menekan biaya dengan meningkatkan mesin, baterai lithium-ion, dan suku cadang lainnya. Tapi mungkin menghabiskan beberapa tambahan biaya untuk pengerjaan material dan produksi mesin.

2 dari 2 Halaman

Penjualan mobil bensin di Jepang

Sebagai informasi, Pemerintah Jepang mengumumkan sebuah target yang ambisius yakni sepenuhnya menghentikan penjualan kendaraan bertenaga bensin pada pertengahan 2030-an. Langkah tersebut, menjadi bagian dari green growth strategy Perdana Menteri, Yushihide Suga.

Melansir Automotive News, seorang Profesor di Universitas Tokyo, Yukari Takamura mengatakan, pemerintah telah menetapkan target yang ambisius untuk menetralkan polusi karbon pada 2050.

Dan untuk mencapai tujuan tersebut, dengan menawarkan insentif pajak dan berbagai sarana dukungan keuangan lainnya kepada perusahaan.

Penulis: Arief Aszhari

Sumber: Liputan6.com

(kpl/tys)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami