Daihatsu Rocky Hybrid Lebih Dulu Hadir Dibanding Xenia Hybrid

Daihatsu Rocky dan Xenia bisa mendapatkan sistem hybrid. Namun salah satu model itu dikabarkan bisa terlebih dulu memasuki pasar Indonesia.

Kamis, 02 Desember 2021 20:15
Daihatsu Rocky Hybrid Lebih Dulu Hadir Dibanding Xenia Hybrid Daihatsu Rocky e-Smart hybrid (paultan.org)

Editor : Arendra Pranayaditya

Otosia.com - Beberapa waktu lalu, Otosia sempat mendapatkan informasi bahwa Daihatsu Rocky dan Xenia bisa diberikan teknologi hybrid. Hal itu terungkap pada acara media test drive Daihatsu Rocky dan ajang jumpa pers PT Astra Daihatsu Motor (ADM) di GIIAS 2021.

Pada kedua kesempatan tersebut, Audi Tarantini, Head of R&D Testing Department ADM, menjelaskan bahwa Daihatsu tidak menutup kemungkinan untuk menyematkan teknologi e-Smart hybrid ke Rocky ataupun ke Xenia.

 

1 dari 3 Halaman

Untuk saat ini ADM masih dalam tahap pengetesan durabilitas baterai dan motor listrik pada teknologi hybrid itu. Pasalnya Indonesia mempunyai seluruh aspek kelemahan baterai, yakni air, panas, getaran, dan debu.

"Semua ada kemungkinan. Kita akan riset terlebih dahulu bagaimana karakter mesin tersebut (apakah) sesuai dengan Indonesia. Baterai kelemahannya ada empat, yakni air, panas, getaran dan debu. Itu semua ada di Indonesia," ungkap pria yang kerap disapa Audi ini saat ditanya Otosia.com beberapa waktu lalu.

2 dari 3 Halaman

Duluan Rocky

Daihatsu Rocky e Smart (paultan.org)

Kendati kedua mobil itu bisa jadi dipasangkan teknologi e-Smart hybrid, kemungkinan besar Daihatsu Rocky lebih dulu hadir di Indonesia. Alasannya Rocky e-Smart hybrid sudah diluncurkan secara resmi, sementara Xenia hybrid belum diketahui wujud resminya.

"Xenia hybrid mungkin bisa, tetapi mungkin Rocky Hybrid hadir lebih dulu di Indonesia karena produknya sudah tersedia," ungkap Adrian Kosim, Product Marketing Specialist ADM pada media test drive All New Daihatsu Xenia baru-baru ini.

Hal ini dibernarkan dengan peluncuran Daihatsu Rocky e-Smart hybrid di Jepang beberapa waktu lalu. Dengan demikian ada kemungkinan bahwa Rocky bermesin hybrid itu akan ditemukan sedang uji jalan di Indonesia.

3 dari 3 Halaman

Spesifikasi Rocky

Mesin hybrid Daihatsu Rocky e-Smart (paultan.org)

Daihatsu Rocky e-Smart hybrid beroperasi mirip dengan Nissan Kicks e-Power. Pada dasarnya mesin 1.200cc WA-VEX bawaannya hanya berfungsi untuk mengisi daya baterai, membuat mobil itu sebagai range extender.

Laju mobil itu dipacu seluruhnya menggunakan motor listrik dengan output 106 hp dan torsi 170 Nm. Selain itu, Rocky e-Smart hybrid bisa dikendarai melalui one pedal driving melalui sistem regenerative braking.

Rocky e-Smart hybrid tersedia dengan dua varian. Pertama adalah X HEV yang dibanderol 2.116.000 Yen atau Rp 265 juta (dengan kurs 1 Yen = Rp 125,39). Kedua adalah Premium G HEV yang dipatok 2.347.000 Yen atau Rp 294 juta.

(kpl/dit)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami