Daihatsu Punya Pasukan Spesial

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengaku memiliki 'pasukan spesial'. 'Pasukan' tersebut bisa bekerja tidak hanya dalam memproduksi satu model, tetapi dalam bentuk yang beragam.

Selasa, 23 April 2013 08:15
Pabrik Perakitan Daihatsu
Editor : Ahmad Khoirudin

Otosia.com - Dalam peresmian pabrik barunya di Kawasan Industri Suryacipta, Karawang Timur, Jawa Barat, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengaku memiliki 'pasukan spesial'. 'Pasukan' tersebut bisa bekerja tidak hanya dalam memproduksi satu model, tetapi dalam bentuk yang beragam.

Pongky Prabowo selaku Manufacturing Director Karawang Assembly Plant PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menyebut bahwa para pekerja ini akan diberi keahlian khusus melalui pelatihan atau training jika mereka mengerjakan satu model khusus. Ketika nanti akan ada model baru, maka mereka akan diberi pelatihan baru sehingga siap bekerja walau barisan kendaraan yang dikerjakan berbeda-beda.

"Sekarang akan masuk Ayla-Agya, maka mereka yang sebelumnya meski sudah mendapatkan training Avanza, kita menganggap dengan munculnya produk baru, kita anggap mereka baru lagi, mereka mulai belajar dari nol lagi, meskipun basic kerjanya mereka sudah punya," urai Pongky Prabowo.

"Pasukan spesial" ini diibaratkan Pongky layaknya karyawan baru yang masuk dari SMA. Mereka akan belajar lagi dari nol untuk mengetahui dan gapai mengerjakan produk yang baru mereka akan tangani. Dengan demikian, orang-orang ini diharapkan mempunyai skill yang mumpuni untuk mengerjakan line yang fleksibel tersebut.

Ia pun menyebut bahwa inilah yang membuat pabrik di Daihatsu spesial. Sebagai contoh, Sunter bahkan memiliki line yang sampai 60 varian. Modelnya ada dua, tetapi sampai 60 varian.

Pembangunan pabrik baru di Karawang itu sendiri telah menelan biaya investasi lebih dari Rp 2,1 triliun sejak pemancangan tiang pertama tahun lalu. Secara bertahap, Daihatsu akan memiliki kapasitas produksi hingga 120.000 unit per tahun dan akan menambah kapasitas produksi total pabrik Daihatsu di Indonesia dari 340.000 unit per tahun menjadi 460.000 unit per tahun.

Dengan demikian, produk ADM ini diharapkan dapat memenuhi permintaan pasar domestik maupun ekspor, baik untuk merek Daihatsu maupun Toyota.

Artikel Terkait

Mobil 7 Penumpang Masih Laris Sampai 5 Tahun Lagi

City car Akan Jadi Mobil Laris Ketimbang MPV

Sudah Sampai Mana Aturan Soal Mobil Murah?

 

(kpl/nzr/rd)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami