Daihatsu Beri Kode Keras Mesin 1.000cc Turbo Buat Anak Muda, Sirion?

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) pun memberi bocoran jika mesin 1000 cc turbo akan dibenamkan pada kendaraan yang membidik target anak muda atau berjiwa muda

Jum'at, 08 November 2019 12:15
Daihatsu Beri Kode Keras Mesin 1.000cc Turbo Buat Anak Muda, Sirion? Daihatsu Sirion (Otosia.com/Nazarudin Ray)

Editor : Ahmad Muzaki
Reporter : Nazarudin Ray

Otosia.com - Daihatsu beberapa waktu lalu kedapatan mengetes mesin turbo 1000 cc di Indonesia. Mesin tersebut dipasangkan pada Daihatsu Tanto. Tujuannya untuk mengetahui apakah mesin ini cocok digunakan di Indonesia.

Tak berapa lama kemudian PT Astra Daihatsu Motor (ADM) pun memberi bocoran jika mesin 1000 cc turbo akan dibenamkan pada kendaraan yang membidik target anak muda atau berjiwa muda. Hal ini disampaikan oleh Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran ADM.

Pernyataan ini sekaligus menepis rumor jika mesin 1000 cc turbo Daihatsu akan dipasangkan pada MPV baru mereka.

"Kalau kita lihat masyarakat yang memakai turbo umumnya mereka lebih suka speed, lebih suka performance. Nah, orang-orang seperti itu umumnya anak muda. Tapi kalau yang sudah berkeluarga, atau umurnya sudah melebihi jamannya hura-hura, umumnya lebih mikirin function kendaraan, membawa keluarga. Tidak penting seperti (turbo) itu," kata Amelia.

1 dari 2 Halaman

Bakal Dipasang di Sirion?

Bakal Dipasang di Sirion?

Melihat model Daihatsu yang masuk ke segmen anak muda, nampaknya mesin turbo 1000 cc boleh jadi akan dipasangkan pada Sirion, atau Ayla. Namun lagi-lagi Daihatsu sepertinya berfikir ulang jika dibenamkan pada Sirion mengingat mobil tersebut bukanlah volume maker.

Dalam sebulan, Sirion hanya terjual 150-200 unit, sementara Sigra bulan lalu terjual 4000-an unit. Baik Sigra maupun Xenia merupakan volume maker bagi Daihatsu di segmen MPV 7 penumpang.

“Pokoknya mobil kita buat anak muda, bisa macam-macam (modelnya). Yang kita fokus turbo itu targetnya kemungkinan besar paling cocok buat mereka yang berjiwa muda,” jelasnya.

“Mobil yang paling laku di brand Daihatsu memang sekarang ini MPV. Sekarang Sigra di level 4000-an di bulan kemarin, Xenia juga laku. Dua-duanya volume maker. Sirion cuma 150-200 unit, jualannya tidak banyak. Jadi kalau target kita bukan milenial, tidak laku jika dikasih turbo juga,” tambahnya.

2 dari 2 Halaman

Hasil Pengetesen

Hasil Pengetesen

Hasil studi dan pengetesan mesin turbo 1000 cc, Daihatsu menilai bahwa mesin tersebut cocok untuk kondisi jalan-jalan di Indonesia. Namun belum diputuskan apakah mesin turbo tersebut nantinya juga akan dibuat di Indonesia.

“Studi mesin 1000 cc turbo di Tanto. Ternyata mesin 1000 cc turbo yang dipakai di Daihatsu dibandingkan dengan merek lain tidak kalah, bahkan cenderung lebih cocok untuk kondisi di Indonesia. Mesinnya Daihatsu sekarang ini diproduksi di Indonesia. Tapi kalau turbo diproduksi di Indonesia kita belum pelajari,” tutupnya.

(kpl/nzr/ahm)

Join Otosia.com
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami