Daihatsu Ayla Jalani Uji Efisiensi BBM di Karawang

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) terus melakukan penyempurnaan performa terhadap Ayla, sembari menunggu regulasi mobil murah dan ramah lingkungan (LCGC) yang masih belum juga ditetapkan.

Rabu, 07 November 2012 15:36
Daihatsu Ayla (Foto: Nazar Ray)
Editor : Anton

Otosia.com - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) terus melakukan penyempurnaan performa terhadap Ayla, sembari menunggu regulasi mobil murah dan ramah lingkungan (LCGC) yang masih belum juga ditetapkan. Konsumsi bahan bakar merupakan salah satu syarat untuk bisa masuk ke LCGC, untuk bisa memperoleh insentif pajak.

Pada hari Selasa (6/11), ADM memberikan kesempatan kepada puluhan wartawan ibu kota dan daerah untuk membuktikan keiritan konsumsi bahan bakar Ayla. Target konsumsi bahan bakar LCGC yang ingin dicapai adalah minimal 22 kilometer per liter (kpl), dengan metode tes simulasi di laboratorium.

Bertempat di sirkuit Proving Ground Bridgestone di Karawang, Jawa Barat, Daihatsu menggelar 'Astra Daihatsu Ayla Eco Driving Challenge'. Para peserta diberi kesempatan menjajal keiritan Ayla di sirkuit sepanjang 2 km ini, dengan menggunakan dua varian Ayla berbeda transmisi, yaitu manual dan otomatis.

Tak hanya itu, wartawan juga ditantang untuk bisa memecahkan rekor dua insinyur Daihatsu asal Jepang yang berhasil mengemudikan secara irit, yaitu 27,9 km/liter untuk transmisi manual dan 21,8 kpl untuk transmisi otomatik.

Untuk mengukur konsumsi bahan bakar, digunakan instrumen pengukur yang sudah ada pada mobil. Caranya, begitu start, pengukur konsumsi bahan bakar diaktifkan, di garis finis hasilnya dicatat oleh pendamping dari Daihatsu.

Hasil yang didapat di akhir pengujian adalah dari 30 peserta penguji Ayla bertransmisi manual, paling irit  27,3 kpl dan paling boros 18,9 kpl. Kalau diambil rata-rata antara paling irit dan boros menjadi 23,1 kpl. Wartawan sendiri memperoleh hasil paling irit 27,1 kpl, yakni M. Toha dari Gatra Cars.

Sedangkan untuk transmisi otomatik, dari 20 peserta, paling irit 21,6 kpl dan paling boros 16,8 kpl atau bila dirata-rata 19,2 kpl yang berhasil diraih oleh wartawan daerah. Namun, hasil pengujian berbeda saat dilakukan di tengah guyuran hujan, yang ternyata hasilnya sedikit lebih boros.

Direktur Pemasaran ADM, Amelia Tjandra, menjelaskan bahwa Daihatsu akan memberikan edukasi kepada konsumen kami, yaitu cara mengemudi irit bahan bakar.

"Kalau mengemudi irit, berarti juga mengurangi polusi. Ini merupakan bagian dari program Daihatsu sebagai sahabat bumi. Pertama tentu saja kami memperkenalkan kepada wartawan untuk disebar luaskan," ujar Amelia.

(kpl/bun)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami