Daihatsu Akan Luncurkan Varian Xenia Airbag?

Usai memberi komentar bahwa ada kemungkinan Xenia dipasangi airbag, informasi baru beredar bahwa varian itu akan segera diluncurkan dalam waktu tidak kurang satu minggu dari sekarang.

Rabu, 08 Mei 2013 15:45
Daihatsu Xenia
Editor : Alvin

Otosia.com - Usai memberi komentar bahwa ada kemungkinan Xenia dipasangi airbag, informasi baru beredar bahwa varian itu akan segera diluncurkan dalam waktu tidak kurang satu minggu dari sekarang. "Tanggal 15 Mei ini. Lihat saja," ujar sumber yang mengetahui rencana tersebut.

Belum ada konfirmasi terbaru mengenai harga ataupun detail lainnya. Namun diinformasikan pula bahwa hanya satu dari dua varian mesin Xenia (mesin 1.000 cc dan 1.300 cc) yang akan dilengkapi fitur keselamatan ini.

Niat Daihatsu memasangkan airbag pada Xenia terkuak saat pihak pimpinan merespon tragedi maut yang melibatkan Daihatsu Xenia sebagai korban dan Nissan Juke sebagai penabrak di Tol Kopo, Bandung, beberapa waktu lalu.

PT Astra Daihatsu Motor lantas berpikir untuk melengkapi perangkat keselamatan di mobil 7-penumpang tersebut. "(Kasus kecelakaan) ini tentu menjadi masukan buat kami, untuk menambahkan fitur keselamatan dan keamanan di Xenia, misalnya airbag dan rem ABS (anti-lock braking system)," ungkap Amelia Tjandra, Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor pada kesempatan berbeda.

Daihatsu Xenia tersebut mengalami kerusakan cukup parah. Hampir seluruh bodi dan atap hancur. Sementara itu lima dari enam orang di dalam mobil dinyatakan meninggal dunia di lokasi kejadian.

Daihatsu Xenia sendiri hingga produk terbaru untuk All-New Xenia sudah menyematkan fitur-fitur keselamatan standar seperti sabuk keselamatan di kursi baris depan dan baris kedua. Kemudian head rest di tiap baris kursi, dan mengusung konsep TAF body yang berfungsi menyerap getaran lebih saat terjadi kecelakaan.

Namun, ia belum memiliki fitur kantong mengembang saat benturan dan rem ABS. Jika melihat sisi krusialnya, pengemudi memang berhadap-hadapan langsung dengan setir atau benda terdekat yang akan membenturnya jika terjadi tumbukan kencang, misalnya jika terjadi tabrakan yang melibatkan bagian depan mobil.

Airbag sendiri bekerja memanfaatkan gas khusus. Untuk mengembangkan kantong dengan sangat cepat, benturan akan mengaktifkan reaksi kimia propelant dengan sangat cepat dan menghasilkan gas N2. Namun, setelah beberapa saat, kantong udara akan mengempis agar pengemudi tidak terjebak.

(kpl/why/vin)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami