Daftar SUV yang Diperkirakan Meluncur Tahun 2022

Menjelang tahun 2021, banyak produsen otomotif meluncurkan produk baru berupa SUV. Lantas bagaimana dengan tahun depan? Begini prediksinya menurut Otosia.com.

Selasa, 21 Desember 2021 18:15
Daftar SUV yang Diperkirakan Meluncur Tahun 2022 Ilustrasi mobil-mobil SUV (Istimewa)

Editor : Arendra Pranayaditya

Otosia.com - Selain MPV, pasar yang cukup gemuk di Indonesia saat ini adalah SUV. Daya tarik mobil ini datang dari penggunaan ground clearance yang tinggi dan bentuk bodi yang cenderung terlihat gagah.

Menjelang tahun 2021, ada sejumlah model baru yang diluncurkan. Paling banyak diperbincangkan di jagad maya adalah kemunculan duet Toyota Raize dan Daihatsu Rocky, Nissan Magnite, KIA Sonet 7-seater, serta Renault Kiger.

Tidak hanya itu, Wuling, dan Mitsubishi juga memberikan penyegaran pada SUV andalan mereka. Almaz mendapatkan model RS dengan beragam fitur canggih, sedangkan Mitsubishi menghadirkan Pajero Sport facelift. Bahkan Hyundai menghadirkan pesaing Honda HR-V, yakni Creta di GIIAS 2021.

Melihat banyak SUV yang dirilis di 2021 ini, bagaimana dengan model SUV lain di tahun depan? Tidak ada salahnya untuk memprediksi beberapa SUV yang kemungkinan besar meluncur di tahun 2022. Berikut daftarnya:

1 dari 6 Halaman

1. Toyota Land Cruiser 300

Toyota Land Cruiser GR-S di Indonesia (Instagram/@rafiii.kaysan)

Baru-baru ini beberapa unit Toyota Land Cruiser 300 terbaru diketahui sudah mendarat di Indonesia. Beberapa model, seperti Land Cruiser 300 GR-S dan VX-R, sempat tertangkap kamera dan tersebar di sosial media. Bahkan ada satu unit ditemukan sedang dikendarai.

Yang menarik, seluruh Land Cruiser 300 itu tidak ditutupi oleh kamuflase sama sekali. Dengan demikian, bisa jadi PT Toyota Astra Motor (TAM) memilih tahun 2022 untuk memperkenalkan secara resmi mobil ini.

2 dari 6 Halaman

2. Toyota Fortuner 2.8

Toyota Fortuner Legender (Toyota Thailand)

Selain Land Cruiser 300, Toyota Fortuner dikabarkan akan mengusung model baru. Pasalnya SUV ladder frame ini akan mengusung mesin 2.800cc 1GD-FTV dengan output 175 hp dan torsi 450 Nm.

Hal ini tertera pada Pemendagri Nomor 40 Tahun 2021 yang merupakan revisi dari Permendagri Nomor 1 Tahun 2021 tentang penghitungan dasar pengenaan pajak kendaraan bermotor dan bea balik nama kendaraan bermotor tahun 2021.

Untuk modelnya, Fortuner 2.8 diketahui masih mengusung tipe VRZ dan kemungkinan besar GR Sport, seperti di Indonesia. Namun belum diketahui apakah model Legender yang dipasarkan di Thailand akan masuk ke tanah air.

3 dari 6 Halaman

3. Suzuki XL7

Suzuki XL6 Facelift (motorbeam.com)

Berikutnya adalah Suzuki XL7. Mobil ini sebenarnya tergolong cukup baru di Indonesia, lantaran dirilis di tahun 2020. Bahkan di negeri asalnya India, mobil yang sama diluncurkan lebih dulu pada tahun 2019 dengan nama XL6.

Namun belum lama ini, sebuah mobil yang diduga kuat sebagai XL7 facelift ditemukan sedang uji jalan di negeri Bollywood. LSUV itu ditutupi rapat dengan kamuflase berwarna hitam, hanya bagian roda dan bagian pencahayaan mobil yang terlihat.

4 dari 6 Halaman

4. Terios dan Rush

Daihatsu Terios (ADM)

Duet LSUV Daihatsu Terios dan Toyota Rush sudah cukup lama mengaspal di Indonesia. Generasi ketiga SUV tersebut diperkenalkan tahun 2018 silam. Namun baru-baru ini mengalami penyegaran minor berupa penyematan teknologi Idling Start-Stop dan versi GR Sport di Rush.

Saat Otosia.com menanyakan perihal generasi berikutnya dari Terios, pihak Daihatsu beberapa waktu lalu mengaku  bahwa Terios baru sedang dalam proses persiapan. Hanya saja Daihatsu tutup mulut mengenai waktu peluncurannya.

"(Terios baru) akan datang, tunggu saja tanggal mainnya," ungkap Adrian Kosim, Product Marketing Specialist PT Astra Daihatsu Motor (ADM), kepada Otosia.com di sela-sela test drive All New Daihatsu Xenia belum lama berselang.

5 dari 6 Halaman

5. Isuzu mu-X

Isuzu mu-X di Thailand (isuzu.co.th)

Isuzu mu-X terbaru belum lama ini diluncurkan di GIIAS 2021. Namun, berbeda dari prediksi banyak orang, spesifikasi yang dihadirkan bukan untuk average buyer, melainkan untuk mobil tambang. Lantas All New mu-X, meski mengusung mesin, bodi, dan interior baru, masih minim fitur dibanding kompetitor di kelasnya.

Kendati demikian, pihak Astra Isuzu menyatakan mu-X dengan spesifikasi lebih lengkap tidak menutup kemungkinan untuk dirilis. Untuk saat ini, Isuzu masih melakukan riset untuk menyesuaikan spesifikiasi apa yang sesuai untuk Indonesia.

"Kita tahu di Thailand sudah keluar (terlebih dahulu) tahun lalu. Memang Isuzu mu-X di Thailand ada yang 4x2 dan 4x4. Dengan studi tersebut, kami menyesuaikan dengan segmen di Indonesia. Apakah nanti akan masuk 4x2nya? Ditunggu saja tanggal mainnya," ungkap Yohanes Pratama, Chief Operation PT Astra International Tbk - Isuzu Sales Operation.

6 dari 6 Halaman

6. All New Honda HR-V

Honda HR-V RS di Thailand (paultan.org)

Di antara mobil SUV lainnya Honda HR-V paling berumur. Masih di generasi keduanya, mobil tersebut hingga saat ini masih mengusung bodi yang sama dan minim perubahan. Terakhir crossover itu mendapatkan facelift pada tahun 2018.

Baru-baru ini, Honda HR-V generasi ketiga ditemukan sedang uji jalan di Tol Cipali. Mobil tersebut kemungkinan besar akan mengusung tampilan RS, lantaran bodykit yang digunakan mirip dengan bentuk yang dipatenkan di DJKI Kemenkumham.

Tanggal peluncuran mobil ini belum diketahui. PT Honda Prospect Motor (HPM) saat ini masih fokus berjualan model yang lama, namun tidak menutup kemungkinan kedepannya akan meluncurkan generasi ketiga Honda HR-V.

"Saat ini kami masih fokus kepada produksi model yang ada sekarang dan memenuhi permintaan konsumen secepatnya di tengah kelangkaan chip semikonduktor yang sedang kami hadapi. Tentu kami akan mempertimbangkan saat yang tepat untuk menyegarkan model ini," tutur Yusak Billy, Business Innovation & Marketing Director HPM, kepada Otosia saat ditanya mengenai All New HR-V.

(kpl/dit)

TAGS :
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami