Daftar Mobil Listrik Terlaris di Indonesia, Hyundai Mendominasi

Lantaran infrastruktur mobil listrik di Indonesia masih dalam tahap pengembangan, berapa jumlah mobil listrik yang terjual tahun ini?

Rabu, 01 Desember 2021 21:15
Daftar Mobil Listrik Terlaris di Indonesia, Hyundai Mendominasi Hyundai Kona EV di GIIAS 2021 (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Editor : Arendra Pranayaditya

Otosia.com - Sejalan dengan kesadaran terhadap lingkungan, tren mobil listrik terus tumbuh secara global. Selain ramah lingkungan, kendaran listrik juga senyap.

Namun salah satu kendala mobil listrik pada umumnya adalah infrastruktur yang belum siap, terutama di negara berkembang seperti di Indonesia. Tidak seperti mobil berbahan bakar minyak, tempat isi daya mobil tersebut masih terbatas, terutama di luar perkotaan besar.

Kendati demikian, beberapa mobil listrik sudah sering ditemukan wara-wiri di jalanan Indonesia, khususnya di kota besar.

1 dari 5 Halaman

Data Gaikindo

Segmen mobil listrik banyak diisi oleh mobil penumpang, yang diisi beberapa model dari sejumlah merek.

Tercatat ada Hyundai Ioniq, Hyundai Kona EV, Nissan LEAF, Lexus UX300e, duo mobil listrik mungil Toyota COMS dan C+Pod, serta mobil niaga DFSK Gelora E.

2 dari 5 Halaman

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) bulan Januari hingga Oktober 2021, total penjualan mobil listrik mencapai 654 unit.

Dari data tersebut, mobil listrik terlaris adalah Hyundai Kona EV dengan total penjualan mencapai 349 unit.

3 dari 5 Halaman

Hyundai Ioniq di GIIAS 2021 (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Mobil tersebut ditempel ketat oleh produk Hyundai lainnya, Ioniq yang laris terjual sebanyak 228 unit.

Posisi ketiga diduduki Nissan LEAF dengan angka penjualan mencapai 26 unit dan menyusul di belakangnya mobil listrik premium Lexus UX300e dengan catatan 22 unit.

4 dari 5 Halaman

Urutan kelima dan keenam ditempati oleh duo mobil listrik mungil buatan Toyota, yakni COMS EV dan C+Pod. Kedua mobil listrik yang kerap ditemukan di Bali ini masing-masing terjual sebanyak 20 dan 7 unit.

Paling buncit adalah DFSK Gelora E. Sebagai satu-satunya pilihan mobil listrik niaga pada segmen ini, van itu hanya terjual sebanyak 2 unit dari bulan Januari hingga bulan Oktober 2021.

5 dari 5 Halaman

Daftar penjualan

Berikut daftar penjualan mobil listrik periode Januari-Oktober 2021 berdasarkan data whole sales Gaikindo:

Mobil Listrik

Jumlah

Hyundai Kona EV

349

Hyundai Ioniq

228

Nissan LEAF

26

Lexus UX300e

22

Toyota COMS EV

20

Toyota C+Pod

7

DFSK Gelora E

2

Total

654

(kpl/dit)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami