Daftar Brand Mobil Tiongkok yang Siap Masuk Indonesia

Beberapa merek otomotif dari China memberi 'kode' bakal siap berjualan di Indonesia. Ada siapa saja?

Senin, 27 Desember 2021 10:15
Daftar Brand Mobil Tiongkok yang Siap Masuk Indonesia Ilustrasi mobil asal Tiongkok (Istimewa)

Editor : Arendra Pranayaditya

Otosia.com - Setelah Wuling sukses dan sanggup memberi perlawanan terhadap merek-merek Jepang, sejumlah merek roda empat Tiongkok sudah ancang-ancang masuk Indonesia. Mereka bahkan sudah memberikan sinyal kuat untuk masuk ke Indonesia.

Beberapa merek tersebut akan melengkapi merek China lainnya yamg sudah lebih dulu hadir di tanah air seperti Wuling, DFSK, dan Morris Garage (MG).

Beberapa brand sudah terang-terangan mengumkan model yang akan dirilis di Indonesia, sedangkan yang lainnya sebatas memberi "kode".

Berikut daftar brand otomotif China yang akan meramaikan pasar kendaraan roda empat di Indonesia:

1 dari 4 Halaman

1. Chery

Chery Tiggo 7 Pro (cheryqatar.com)

Pertama adalah Chery. Merek yang sempat berjualan di Indonesia ini berencana akan kembali ke tanah air di tahun 2022. Brand ini secara terang-terangan menyebutkan beberapa modelnya yang siap dijual di Indonesia. Bocoran tersebut disampaikan lewat akun Instagram @cherymotorindonesia.

Bahkan Chery menyatakan ikut ambil bagian dalam Indonesia International Motor Show (IIMS) tahun 2022. Merek  tersebut akan menampilkan SUV Chery Tiggo 8 Pro sebagai produk unggulanya.

2 dari 4 Halaman

2. WM Motor

Weltmeister EX5 (wm-motor.com)

Lalu ada WM Motor, yang dikabarkan akan menghadirkan SUV Weltmeister W5 atau juga dikenal sebagai EX5 sebagai model perdananya di Indonesia. Brand  Tiongkok ini menilai bahwa mobil tersebut cocok dengan kebutuhan masyarakat dan kondisi jalanan di Indonesia.

"Jika merunut kepada minat masyarakat Indonesia, kondisi medan, serta bagian dari kepraktisan dan fungsionalitas, mobil inilah yang paling cocok," ungkap Direktur dan CEO WM Motor Pacific, Yedi Yunadi Sondy.

3 dari 4 Halaman

3. BYD

BYD Tang (insideevs.com)

Merek Build Your Dreams (BYD) sebenarnya sudah cukup lama hadir di tanah air. Namun peran mereka jarang diketahui, lantaran kendaraan BYD lebih banyak digunakan untuk transportasi umum, seperti taksi Bluebird dan bus Transjakarta.

Kabar terbaru, BYD tidak hanya berjualan namun juga berencana memproduksi mobil di Indonesia.

"BYD juga sudah berniat masuk ke Indonesia, bukan hanya ingin mendapatkan pasar penjualan, tapi juga berniat produksi," ungkap Kukuh Kumara, Sekertaris Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) pada acara Ngobrol Virtual Santai (Ngovsan) yang digelar oleh Forwot baru-baru ini.

4 dari 4 Halaman

4. Great Wall Motor

Cyber Tank 300 (carnewschina.com)

Terakhir dan masih misterius adalah Great Wall Motor (GWM). Merek satu ini sempat beberapa kali mematenkan mobil mereka di tanah air. Secara total, ada lima mobil GWM yang terdaftar di DJKI Kemenkumham, yakni ORA Punk Cat, ORA Lightning Cat, ORA Good Cat, SUV Haval H6 Supreme+ Edition dan Cyber Tank 300.

Meski belum dikonfirmasi kebenaran mereka akan memasarkan mobil di Indonesia, GWM cukup aktif berjualan di Thailand. Kedepannya GWM boleh jadi memperluas pemasaran ke negara Asia Tenggara lainnya, termasuk Indonesia.

(kpl/dit)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami