Cukup Rogoh Kocek Rp12 Juta, Begini Cara Pembuatan Mesin Pompa Pertamini

Salah satu bengkel pembuatannya ada di Bekasi, Jawa Barat. Di sini ada pompa petamini manual dan elektrik.

Minggu, 17 Desember 2017 15:00
Pom bensin Pertamini (merdeka.com)
Editor : Arry
Reporter : Rohimat

Otosia.com - Ketika pergi kota-kota kecil, atau pedesaan pasti kerap menemukan tangki bensin dengan tulisan Petamini. Sepintas, dari segi warna dan karakter tulisan banyak yang menyangka Pertamini ini bagian dari Pertamina, salah satu perusahaan BUMN yang bergerak pada distribusi bahan bakar minyak di Indonesia.

Tetapi ternyata, Pertamini ini tidak ada hubungannya dengan Pertamina sama sekali. Bahkan pihak Pertamina sempat ingin menindak Pertamini ini. Tetapi, karena kebutuhan masyarakat di daerah pedesaan dan kota-kota kecil yang belum ada SPBU Pertamina, keberadaan Pertamini ini sangat membantu. Karena itu pula bisnis Pertamini ini makin subur.

Untuk membuat tangki bensin Pertamini ini cukup merogoh kocek Rp12 juta. Salah satu bengkel pembuatannya ada di Bekasi, Jawa Barat. Namanya, Bengkel Jaya Mardani, tepatnya berada di Jalan Cimuning, Kawasan Mustikajaya.

Untuk mesin tangki Petamini yang dibuat bengkel ini ada dua macam, yakni ada yang manual. Ada juga yang elektrik. Mesin pompa Pertamini elektrik ini dilengkapi mesin komputerisasi layaknya Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) milik Pertamina.

Pertamini manual yang dibuatnya lengkap dengan nozzle, tabung, pompa dan selang plastik. Sedangkan yang elektrik lebih canggih, karena menggunakan mesin komputerisasi.

Lihat video pembuatannya di bawah ini:

 Lihat video lainnya:

 BERITA MENARIK LAINNYATruck Service Ganti Oli dan Isi Nitrogen Pertamina Sasar KeramaianPertamina Tambah Outlet BBM Pertamax Turbo di SumutMotor Knalpot Berisik, Kini Tak Boleh Masuk SPBU PertaminaBuat Mesin Diesel, Mengapa Lebih Aman Pakai Pertamina DEX?Karakter Tikungan Sirkuit Magny-Cours Jadi Fokus Ali AdriansyahPertamax Motor Sport Team Dukung Upaya Regenerasi Pembalap NasionalDi Kota ini Marak Oli Palsu, Pertamina Musnahkan 220 Drum

(kpl/mat)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami