Crutchlow ingin Honda lebih netral pada rider-rider lain

Pembalap LCR Honda Castrol, Cal Crutchlow menginginkan motor RC213V tahun depan bakal lebih mudah dikendarai oleh rider dengan gaya balap berbeda.

Sabtu, 30 Desember 2017 11:30
Cal Crutchlow (c) AFP
Editor :

Otosia.com - Pembalap LCR Honda Castrol, Cal Crutchlow menginginkan motor RC213V tahun depan bakal lebih mudah dikendarai oleh rider dengan gaya balap berbeda, dan komentar-komentar teknis yang senada dari Crutchlow, Marc Marquez dan Dani Pedrosa tampaknya bakal memungkinkan Honda mewujudkan hal ini.

Crutchlow yang telah membela LCR Honda sejak 2015, punya kontrak pabrikan dari Honda mulai tahun ini dan perannya pun semakin penting dalam pengembangan RCV. Selama itu pula rider Inggris ini tak ragu melontarkan kritik kepada Honda bahwa motor mereka sulit dikendarai, terutama bagi para pembalap baru.

"Yang saya minta dari Honda adalah motor yang lebih alami atau lebih netral. Tapi ini tak mudah. Sulit merakit hal yang sangat berbeda. Honda punya banyak sisi positif, jadi jika kami merakit motor berbeda, sisi-sisi ini malah bisa hilang. Corner entry adalah salah satunya. Tahun ini kami agak tertinggal, rival lebih baik," ujarnya kepada Motorsport.
Cal Crutchlow (c) AFP
Crutchlow yakin untuk mewujudkannya, Honda memang harus mengorbankan beberapa hal. "Jelas kami ingin mempertahankan titik-titik terkuat, tapi saya rasa kami harus merelakan beberapa hal untuk membuat motor kami lebih baik di area lain. Secara keseluruhan, takkan ada perubahan besar. Semoga saja motor baru kami lebih mudah dikendarai," ungkapnya.

Selama berkarir di MotoGP, juara World Supersport 2009 ini pernah membela Yamaha dan Ducati sebelum pindah ke Honda. Hal ini membuatnya biasa memiliki referensi berbeda dari Marquez dan Pedrosa. Meski begitu, kali ini komentar mereka cukup kompak dan hal ini bisa memudahkan para engineer mengatasi masalah hingga RCV "ramah" dikendarai oleh rider lain, termasuk Franco Morbidelli dan Thomas Luthi.

"Marc minta hal yang benar-benar sama. Nyaris semua yang kami katakan sama. Ini aneh, karena biasanya saya agak beda dibanding mereka (Marquez dan Pedrosa) karena mereka belum pernah mengendarai motor selain Honda, tapi tampaknya saat ini prioritas kami sama. Jadi memang bagus karena kami menuju ke arah yang sama," tutup Crutchlow. (ms/kny)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami