Crumple Zone, Rangka yang Mudah Hancur untuk Melindungi Penumpang

Crumple Zone (crush zone / zona benturan) adalah kerangka pada mobil bagian depan, samping dan belakang yang sengaja dibuat rapuh. Mengapa demikian?

Senin, 27 Maret 2017 14:00
Ilustrasi Crumple Zone by
Editor : Nurrohman Sidiq
Reporter : Nicko Novanto

Otosia.com - Jika Anda sering melihat berita kecelakaan mobil di televisi atau pun koran harian, dalam beberapa kasus kabin mobil masih terlihat utuh meskipun bagian depan hancur. Bagian mobil tersebut dinamakan "Crumple Zone". Tapi sebenarnya apa fungsi dari Crumple Zone ini?

Crumple Zone (crush zone / zona benturan) adalah kerangka pada mobil bagian depan, samping dan belakang yang sengaja dibuat rapuh. Meskipun rapuh, tetapi bagian ini sangat memiliki peran krusial untuk meredam benturan saat mobil mengalami kecelakaan.

Jadi kerusakan dapat diterima dengan tingkat risiko melukai pengemudi dikurangi semaksimal mungkin.

Mengapa bisa begitu? crumple zone lah yang menerima dan menyerap gaya kinetik yang datang dari arah berlawanan yang selanjutnya diredam dan tidak berlanjut ke kabin mobil dan membuat pengemudi aman saat tabrakan besar.

Teknologi itu ditemukan oleh Bela Barenyi pada tahun 1937 dan diaplikasikan ke produk Mercedes di tahun 1959. Kemudian teknologi tersebut diimprovisasikan oleh produsen-produsen mobil lain.

Cara kerjanya juga simple. Ketika mobil mengalami tabrakan hebat, maka bagian Crumple Zone akan langsung rusak secara instan, menyerap semua tenaga kinetik dari arah berlawanan dan meredam benturan tersebut hingga tidak berlanjut ke kabin mobil.

Untuk beberapa kendaraan berskala mewah, mereka menaruh Crumple Zone pada bagian mounting atau peningkat mesin dan transmisi, sehingga mesin dan transmisi akan jatuh dan tidak terdorong kebelakang dan membahayakan pengemudi karena mesin mobil yang terdorong dari depan.

Meski dirancang layaknya rangka mobil yang 'ringkih' dan mudah dihancurkan, Crumple Zone bukanlah pelindung mutlak untuk menjamin keselamatan penumpang. Setiap mobil memiliki tingkat kekokohan rangka masing-masing dan harus lulus ujian NCAP (New Car Assessment Programme).

KABAR MENARIK BERIKUTNYA

(kpl/nic/sdi)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami