Crossover Unik Toyota Ini Tutup Usia di Tahun 2015

Inilah Toyota Venza yang dikenal sebagai mobil dengan karakter aneh tapi juga unik.

Selasa, 03 Maret 2015 18:15
Toyota Venza (Foto: Toyota)
Editor : Nurrohman Sidiq

Otosia.com - Penyegaran line-up sudah bukan hal yang luar biasa bagi setiap produsen otomotif dunia. Setiap tahun, inovasi harus lahir, model-model baru wajib lebih menarik atau pun setidaknya rupa mereka tidak monotone dari sebelumnya. Jika dilihat prospek penjualan sebuah species tak lagi menjanjikan, langkah berikutnya adalah 'menyuntik mati' generasinya dan menggantinya dengan produk baru.

Inilah Toyota Venza yang dikenal sebagai mobil dengan karakter aneh tapi juga unik. Pertama kali diperkenalkan pada tahun 2008, Venza dikembangkan dari secuil DNA Toyota Camry sebagai sebuah sedan. Namun ia dikawinkan dengan kualitas SUV, minivan dan wagon. Hingga jadilah sebuah spesies unik meski dikatakan sebagai crossover, tapi sebenarnya tidak terlalu terlihat sejenis.

Entah apa nama yang tepat untuk Toyota Venza ini, mungkin lebih mengena jika disebut 'Camry Wagon'. Dengan desainnya yang nyentrik tersebut, rupanya tidak malah menempatkan Venza sebagai mobil yang laris manis di Amerika Serikat dimana ia dipasarkan.

Dari catatan carscoops, puncak penjualan tertinggi Toyota Venza ada di tahun 2009 dengan total 54.410 unit. Pada tahun 2014 lalu, penjualan menurun dan terus merosot ke angka 30.000 unit.

Berlandaskan data di atas, dengan berat hati juru bicara Toyota, Sam Butto mengkonfirmasi kepada media bahwa pihaknya dengan berbagai pertimbangan harus menutup rantai produksi Venza yang berpusat di Toyota Motor Manufacturing Kentucky (TMMK) pada tahun ini.

Belum ada rencana khusus untuk move-on dan mencari pengganti Toyota Venza yang baru. Akan tetapi, melihat persaingan yang begitu ketat di kelas crossover, Toyota tetap akan berusaha sesegera mungkin menciptakan legenda barunya.

KABAR MENARIK BERIKUTNYA

(kpl/sdi)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami