COVID-19 Gerus Perdagangan Mobil, Penjualan Mitsubishi Jadi Segini

Penjualan Mitsubihsi di Indonesia turun drastis sejak corona COVID-19 mewabah. Penurunan penjualan sudah terjadi sejak Januari.

Kamis, 21 Mei 2020 19:15
COVID-19 Gerus Perdagangan Mobil, Penjualan Mitsubishi Jadi Segini Pejualan Xpander juga terkena imbas corona (Nazar Ray)

Editor : Nazarudin Ray

Otosia.com - Pandemi Corona hingga aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan berlanjut pada ketatnya leasing membuat banyak merek kendaraan terdampak secara penjualan.

Bulan demi bulan di awal tahun, penjualan kian tergerus. Mitsubishi pun mengaku sebagai salah satunya. Brand yang sedang populer dengan Xpander dan tipe Cross-nya ini bahkan menyebut penjualan sudah tergerus sejak Januari dan Februari.

"Sebelum COVID-19 ini juga sekitar Januari dan Februari sudah terjadi penurunan dan COVID-19 ini dampaknya mulai di bulan Maret dan semakin parah di bulan April dan Mei ini," ujar Irwan Kuncoro, Director of Sales & Marketing Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) dalam digital press conference kemarin.

1 dari 1 Halaman

Ia menjelaskan, dalam kondisi tersebut market share mereka masih substain di angka 11% atau bahkan di bulan April itu 12%.

"Dengan angka yang awalnya sekitar 8 ribu turun sekitar 7 ribu dan akhirnya diangka 3 ribu unit," ujarnya.

Tidak bisa dicegah, memang kondisi pasar juga sudah secara drastis turun dan semua itu tentu berdampak pada penjualan Mitsubishi.

"Di bulan April dengan demand di sekitar 33 ribu, penjualan Mitsubishi sedikit di bawah angka 3 ribu dengan market share sekitar 12%," tambah Irwan.

Sekalipun demikian, pada prinsipnya tingkat penjualan Mitsubishi tetap bertahan di atas 11-12%, mengikuti tingkat penurunan dari pasar.

"Jadi kita masih dalam kondisi yang sama dengan peurunan pasar jadi seimbang dengan kondisi penurunan kompetitor lainnya," tambah Arwani, Deputy Group Head Sales & Marketing Planning & Operation Dept MMKSI.

(kpl/nzr)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami