COVID-19 dan PSBB Bikin Penjualan Oli Jeblok

Permintaan pelumas menurun menyusul adanya corona dan PSBB. Produsen oli menyatakan penjualannya anjlok hingga 20 persen.

Rabu, 20 Mei 2020 15:15
COVID-19 dan PSBB Bikin Penjualan Oli Jeblok Pelumas Evalube ikut terimbas COVID-19 dan PSBB (Nazar Ray)

Editor : Nazarudin Ray

Otosia.com - Satu persatu, sektor otomotif dan industri pendukungnya mulai terdampak oleh semakin merebaknya wabah corona COVID-19 yang terjadi di Tanah Air. Semua produsen otomotif masih melakukan penututupan sementara pabriknya. Dengan begitu, untuk sementara waktu karyawannya pun terpaksa bekerja dari rumah, bahkan sebagian dirumahkan.

Pandemi COVID-19 ini juga dibarengi dengan regulasi dari Kementerian Kesehatan RI tentang aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang tengah diterapkan di beberapa kota-kota besar dan provinsi di Indonesia. Masa PSBB ini juga yang membuat roda ekonomi semakin tak teratur.

Dengan adanya masa PSBB ini, banyak konsumen yang jarang memakai kendaraannya karena masih memenuhi himbauan pemerontah untuk tetap di rumah saja.

"Sehingga banyak konsumen yang memperpanjang masa pakai oli," terang Ivan Rastianto, Marketing Manager Evalube ketika ditanya soal perkembangan pernjualan oli dimasa corona.

 

 

1 dari 2 Halaman

Lebih lanjut Ivan menerangkan bahwa ketentuan PSBB yang diterapkan di beberapa wilayah adalah salah satu yang memicu banyaknya bengkel maupun tempat servis tutup atau dibatasi pelayanannya.

"Aturan inilah yang juga membuat permintaan akan oli menurun," tambahnya.

Ivan mengaku besarnya penurunan permintaan oli setiap daerah memang tidak seragam. Penurunan terjadi pada bulan April sekitar 10 hingga 20 persen. Cuma, daerah yang ada penerapan PSBB lebih terasa dampak penjualannya dibanding daerah yang tidak terkena PSBB.

"Kami berharap di bulan Juni ini, semua dapat berjalan normal kembali," harapnya.

2 dari 2 Halaman

Dengan adanya pandemi Covid-19 dan PSBB, bagi Evalube, semua varian oli baik B to B maupun B to C semuanya terkena imbas. Karena adanya batas kunjungan tim sales, buka tutup bengkel, dan penggunaan kendaraan juga sedikit. Seperti mobil yang penggantian pelumasnya lebih panjang, begitu juga dengan sepeda motor yang juga memperpanjang masa pakai olinya.

Untuk itu, Evalube pun mulai mengatur strategi dengan melakukan kegiatan kerja sama dengan beberapa bengkel, seperti CARFix dengan pelayanan ganti oli di rumah untuk kendaraan roda empat.

Sedangkan untuk pelayanan ganti oli sepeda motor, dalam waktu dekat Evalube akan bekerja sama dengan bengkel di beberapa kota melalui platform digital Evalube.

(kpl/nzr)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami