Coba Tipu-Tipu Hitler dengan Tank 'Hantu'

Amerika punya satu pasukan khusus yang dijuluki "tim hantu". Mereka menggunakan kendaraan balon untuk mencoba menakut-nakuti pasukan Jerman. Ada tank balon, truk balon, dan meriam palsu.

Senin, 27 Juli 2015 17:45
Foto: thetimes.co.uk
Editor : Ahmad Khoirudin

Otosia.com - Pernah melihat tank yang bisa diangkat oleh empat orang, atau truk dan meriam yang bergoyang-goyang ketika ditiup angin? Pada masa Perang Dunia II, Amerika punya satu pasukan khusus yang dijuluki "tim hantu". Mereka menggunakan kendaraan balon untuk mencoba menakut-nakuti pasukan Jerman. Ada tank balon, truk balon, dan meriam palsu.

Dengan "mainan" ini, pasukan tersebut berpura-pura menjadi dua divisi yang terdiri dari 30.000 pasukan dalam posisi siap membuat serangan. Total ada 1.000 pasukan hantu ini yang tergabung dalam 23rd Headquarters Special Troops. Mereka berperan dalam dua puluh aksi pencegahan serangan karena pasukan musuh tertipu dengan aksi mereka ini.

Yang menarik, tiap anggota pasukan ini bukan berlatar belakang militer. Mereka direkrut dari sekolah seni di New York dan Philadelphia, bahkan dari sejumlah agen periklanan terbaik di Amerika.

Di luar dinas kemiliterannya, orang-orang ini sejatinya adalah pelukis, arsitek, bahkan aktor drama dan desainer properti panggung. Mereka diminta menyumbangkan kreativitasnya untuk mencegah serangan pasukan Jerman di Perancis.

Pada masa perang itu, mereka bermunculan dengan sebundel balon-balon berbentuk kendaraan, lalu menyetel keras-keras suara rekaman perang dari Fort Knox menggunakan radio raksasa yang bisa didengar hingga sejauh 20 km.

Ragam Berita Menarik Lainnya

(kpl/why/rd)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami