CJ 750 Masih Sangar Buat Keliling Dunia!

Sepeda motor klasik memang memiliki aura tersendiri dalam setiap detailnya. Tak urung juga dengan varian retro klasik seperti CJ 750 ini. Inilah sepeda motor ber'sespan'- istilah lain dari mirip gerobak di samping motor.

Sabtu, 19 Oktober 2013 18:30
CJ 750 di China (Foto: Beijing Sideways)
Editor : Nurrohman Sidiq

Otosia.com - Sepeda motor klasik memang memiliki aura tersendiri dalam setiap detailnya. Tak urung juga dengan varian retro klasik seperti CJ 750 ini. Sepeda motor ber'sespan'- istilah lain dari mirip gerobak di samping motor, ternyata masih cukup marak dipakai di negara China.

Ini seperti sebuah karya klasik yang kembali diangkat untuk memamerkan budaya dan ethnik di China. Pemerintah China memberikan layanan untuk keliling kota dengan CJ 750 ini. Padahal sepeda motor bertenaga 30 hp ini, telah ditinggalkan oleh banyak negara setelah Perang Dunia II. Karena memang, motor ini sejatinya, dahulu diperuntukkan untuk para punggawa perang.

CJ 750

Tapi, jangan berharap perjalanan akan selalu lancar seperti mengendarai motor baru. Anda harus menjadi seorang montir ketika berkendara motor perang terbitan tahun 1930an ini. Karena memang bisa saja, motor ini sangat rentan mengalami kerusakan.

China, mungkin adalah salah satu negara yang masih mengabadikan varian sepeda motor antik ini. "Kami mendapatkan pasar yang cukup luar biasa di tahun 2012, terutama untuk ekspor ke negara-negara lain", ungkap Jim Bryant, pemilik Jiumbo's Classic Sidecar yang juga dealer CJ 750 terbesar di Beijing.

CJ 750

China memang satu-satunya negara di dunia yang masih menggunakan sepeda motor klasik ini. Bahkan mereka juga menggunakannya untuk kebutuhan sehari-hari. Jika sedang melancong ke negeri tirai bambu, para turis pun juga bisa menikmati suguhan sepeda motor sangar ini.

CJ 750

Untuk mengapresiasikan selera para pecinta otomotif akan CJ 750 ini, pemerintah China sedang menyelenggarakan balapan sepeda motor ber'sespan' di Beijing mulai 19 Oktober. 50 model motor sekelas CJ 750 akan bertarung dengan berkeliling kota tua Beijing, menemukan 'clue' yang disiapkan panitia.

Race CJ 750

 

BERITA MOTOR KLASIK LAINNYA

(kpl/sdi)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami