Chevy Spark EV Lebih Mahal Dari Innova

Mungkin dalam beberapa tahun ke depan penggunaan kendaraan listrik bisa seimbang dengan kendaraan bermesin bakar pada umumnya. Tapi harga mahal jadi pertimbangan dan New Chevy Spark EV dibanderol lebih mahal dari Innova.

Jum'at, 30 November 2012 12:50
Chevy Spark EV Lebih Mahal Dari Innova New Chevrolet Spark EV 2014

Editor : Alvin

Otosia.com - Mungkin dalam beberapa tahun ke depan penggunaan kendaraan listrik bisa seimbang dengan kendaraan bermesin bakar pada umumnya. Tapi kendala yang dihadapi adalah faktor harga yang selalu lebih mahal. Sebab New Chevy Spark EV 2014 akan dibanderol lebih mahal dari Innova.

New Chevrolet Spark EV 2014 tidak sekedar city car biasa atau seperti model Spark sebelumnya. Mobil ini terlahir dengan berbagai kelengkapan baru yang lebih canggih, kaya fitur, performa mesin lebih baik serta yang terpenting adalah ramah lingkungan.

Chevrolet Spark biasa di Indonesia dibanderol dengan harga di bawah Rp 150 juta. Namun apa saja yang menjadikan New Chevrolet Spark EV 2014 ini akan dibanderol lebih mahal dari MPV Toyota Innova dan juga lebih unggul dari Spark sebelumnya:

1 dari 6 Halaman

Active Shutter

Active Shutter

Pada Spark EV 2014 ini telah dilengkapi fitur Active Shutter. Fitur ini akan secara otomatis menutup saluran udara pada grille bumper depan di bagian bawah. Hal ini terjadi apabila mobil hanya memerlukan asupan udara dalam jumlah sedikit.

Tidak hanya itu saja sebagai city car tenaga listrik, Spark juga kemampuan menutup bagian grille atas. Dengan tujuan mengurangi pasokan udara berlebih. Dan sekaligus untuk memberikan tambahan tingkat aerodinamis mobil saat melaju dengan kecepatan tinggi

2 dari 6 Halaman

Performa

Performa

Motor elektrik yang dipergunakan ini telah didesain khusus oleh pihak GM. Dengan demikian tenaga yang dapat dihasilkan adalah 130 hp dengan torsi super besar yaitu 542 Nm. Tenaga yang dihasilkan lebih besar ketimbang Toyota Innova Diesel yang hanya memiliki tenaga 102 hp dengan torsi 259 Nm.

Dari kelas mobil memang berbeda, tapi Chevy Spark EV 2014 bisa menjanjikan sebuah kendaraan masa depan yang tangguh namun ramah lingkungan. Dari performa mesin ini, hasilnya untuk akselerasi hingga 100 km/h, pihak GM mengklaim Spark EV sanggup mencapainya kurang dari 8 detik.

3 dari 6 Halaman

Baterai

Baterai

Nilai lebih selanjutnya datang dari sistem baterai lithium-ion berkapasitas 20kWh yang digunakan. Dari segi bobot, baterai ini memiliki bobot keseluruhan 254 kg dengan kapasitas 336 prismatic cells. Dengan kata lain baterai ini memiliki volume sekitar 133 liter.

yang menjadi kelebihan lain yang ditawarkan pihak GM adalah garansi. Untuk sebuah baterai saja, GM mau memberi garansi hingga 8 tahun atau mencapai pemakaian 160.934 km.

4 dari 6 Halaman

Charging

Charging

 

Sebagai mobil listrik kendala lain yang sering dihadapi adalah perlu waktu lama agar baterai terisi penuh. Memang jika menggunakan charger standar dengan tegangan 240V, baterai akan terisi penuh dalam kurang dari 7 jam.

Tapi Chevrolet juga menyediakan tambahan secara terpisah paket SAE Combo DC Fast Charging. Dengan menggunakan charger ini proses pengisian baterai hingga 80 persen dapat dicapai hanya dalam 20 menit. Port charging pada mobil telah mendukung arus listrik AC 240V, AC 120V dan juga tentunya DC Fast Charge.

 

5 dari 6 Halaman

Fitur

Fitur

Sebagai city car tenaga listrik, fitur terkini dan canggih tidak lupa ikut dibenamkan. Sebut saja mulai dari panel instrumen speedometer yang serba digital dan layar berwarna yang menjadikan Spark EV menarik. Kemudian pada konsol juga ditunjang layar LCD berwarna berukuran 7 inch.

Pada layar ini hingga akan menunjang sistem infotainment MyLink yang bisa terkoneksi dengan perangkat smartphone. Untuk menunjang hal tersebut berbagai aplikasi telah terdapat di dalamnya sehingga pengguna akan bisa menghubungkan dengan iPhone 4S. Dan fitur yang bisa dipergunakan tentunya adalah Siri Voice Recognition.

New Chevrolet Spark EV 2014 - Fitur

6 dari 6 Halaman

Harga

Harga

GM mengatakan akan mulai melepas New Chevrolet Spark EV 2014 ini pada musim panas tahun depan. Tidak hanya di Amerika saja, tapi akan tersebar hingga ke Asia seperti Korea Selatan.

Untuk di Amerika city car ini akan dibanderol sekitar US$25.000 atau sekitar Rp 240 jutaan. Harga ini dikatakan sudah termasuk pajak. Namun untuk dipasarkan hingga Asia kemungkinan harganya akan bisa mencapai Rp 300 jutaan yang memang lebih mahal ketimbang MPV Toyota Innova.

Dari harga yang mahal untuk sebuah city car tenaga listrik, ramah lingkungan dan juga kaya akan fitur canggih mungkin sangat masuk akal. Namun apakah pihak Chevrolet Indonesia akan ikut hadirkan Spark EV 2014 ini, mengingat juga di Indonesia perlengkapan penunjang kendaraan listrik masih kurang.

 

14 Mobil Irit BBM yang Diperlukan Indonesia

(kpl/vin)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami