Chevrolet Spin, Dari Brazil Kandas di Indonesia

Chevrolet Spin terpaksa terhenti di pabrik GM Pondok Ungu Bekasi lantaran pabrik pertama yang memproduksi low MPV Chevrolet di Indonesia tersebut akan ditutup pada akhir kuartal 2 tahun 2015.

Sabtu, 28 Februari 2015 14:15
Pabrik Chevrolet Spin (foto: Tatan)
Editor : Ahmad Khoirudin

Otosia.com - Pertama kali didesain pada tahun 2007 dan diproduksi di pabrik General Motors (GM) Brazil pada 2012, langkah Chevrolet Spin terpaksa terhenti di pabrik GM Pondok Ungu Bekasi lantaran pabrik pertama yang memproduksi low MPV Chevrolet di Indonesia tersebut akan ditutup pada akhir kuartal 2 tahun 2015.

Sejak diresmikan pada Mei 2013 lalu, pabrik PT General Motors (GM) Indonesia yang bermarkas di Pondok Ungu, Bekasi dipercaya sebagai basis produksi Chevrolet Spin untuk memenuhi kebutuhan pasar ekspor ke Filipina dan Thailand.

Beberapa pengembangan telah dilakukan oleh tim tim desain dan teknik GM di Brasil berdasarkan masukan dari teknisi GM di kawasan Asia Tenggara untuk menjadikan Chevrolet Spin sebagai kendaraan global agar bisa diminati konsumen di Asia Tenggara.

Tim teknik GM dari kawasan Asia Tenggara secara aktif terlibat dalam pembuatan desain serta pengembangan produk Spin dari awal proses untuk memberi masukan berharga mengenai aplikasi produk di kawasan ini.

Bahkan, GM Indonesia menyebutkan bahwa Spin menambah portofolio produk Chevrolet di Indonesia. Spin akan memperkuat merek Chevrolet dan keberadaannya di kawasan ini untuk memenuhi kebutuhan segmen pasar otomotif yang begitu kompetitif serta membuka peluang pertumbuhan yang lebih jauh.

Sayang, kerasnya persaingan pasar otomotif nasional, khususnya di segmen low MPV membuat penjualan Spin jalan di tempat. Produk mobil keluarga berkapasitas 7-penumpang ini tak sanggup berkompetisi dengan produk low MPV pabrikan Jepang yang ada di Indonesia.

Beberapa faktor turut menentukan keputusan GM untuk menutup pabriknya di Pondok Ungu, termasuk biaya material yang tinggi dan semakin berkurangnya potensi dalam pemanfaatan keberadaan pemasok dalam negeri dikarenakan skala produksi yang terbatas.

"Chevrolet Spin telah membuktikan dan mendapat pengakuan sebagai mobil berkualitas dari para pelanggan, kalangan industri dan General Motors. Dengan penghentian pabrik di Bekasi, kami berharap Chevrolet Spin tetap diakui sebagai mobil berkualitas," kata Tim Zimmerman, Presiden, GM Southeast Asia Operations dalam siaran persnya.

Ragam Berita Menarik Lainnya

(kpl/tr/rd)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami