Cerita Terios Indonesia Seberangi Perbatasan Malaysia

Pernah terpikir jalan-jalan lintas negara? Salah satu kisahnya coba diceritakan dengan SUV Daihatsu Terios yang tengah dalam ekspedisi Terios 7 Wonders selama tiga hari, 21 -23 Juni 2019.

Minggu, 23 Juni 2019 11:15
Cerita Terios Indonesia Seberangi Perbatasan Malaysia Perjalanan Terios ke perbatasan Malaysia (Otosia.com/Nazarudin Ray)

Editor : Ahmad Muzaki
Reporter : Nazarudin Ray

Otosia.com - Pernah terpikir jalan-jalan lintas negara? Salah satu kisahnya coba diceritakan dengan SUV Daihatsu Terios yang tengah dalam ekspedisi Terios 7 Wonders selama tiga hari, 21 -23 Juni 2019.

Berangkat dari kota Pontianak di Kalimantan Barat, Terios-Terios yang berjumlah 7 unit ini melintas batas negara tetangga, Malaysia. Bagaimana prosesnya? Ketujuh SUV ini melalui pemeriksaan berlapis di Pos Batas Lintas Negara Entikong menuju Kuching, Malaysia.

Di sini, pengemudi tidak perlu turun menjalani pemeriksaan di dalam gedung, melainkan akan diperiksa kelengkapan imigrasinya di perlintasan luar bangunan. Namun, penumpang mobil beserta barang bawaan pribadinya harus tetap turun dari mobil untuk melintasi bagian dalam Gedung Utama, yakni bagian layanan keberangkatan.

1 dari 2 Halaman

Destinasi yang akan dikunjungi

Destinasi yang akan dikunjungi

Ada pula pemeriksaan kesehatan. Jika suhu tubuh lebih dari 38 derajat, maka akan ditindaklanjuti di ruang isolasi. Selain itu, barang-barang pribadi juga harus diperiksa lewat pemindai, sedangkan barang bawaan dalam jumlah besar dari Indonesia yang berangkat ke Malaysia akan diperiksa lebih intens oleh pihak Malaysia di teritorial Malaysia. Pemeriksaan dokumen pribadi juga begitu ketat.

Satu hal yang akan segera menyambut jika kita melewati perbatasan ini adalah alam Sarawak. Secara total sendiri, ekspedisi Terios 7 Wonders punya 7 destinasi yang sudah direncanakan.

Bako National Park, sebagai tujuan atau "wonders" ke-5 termasuk di antaranya. Ini merupakan taman nasional tertua yang ada di Sarawak. Taman yang sudah dipelihara dan dibuka sejak tahun 1957 ini memiliki 316 spesies tumbuhan, 22 spesies burung, 24 spesies hewan reptilia dan binatang berdarah dingin, serta 57 spesies mamalia.

2 dari 2 Halaman

Menuju Kelenteng Tertua

Menuju Kelenteng Tertua

Dalam perjalanan menuju Bako National Park, tim ekspedisi menemui jalan berkelok dan kadang menanjak namun tetap dapat dilalui dengan mulus karena Fitur Hill Start Assist (HSA) yang berfungsi menahan mobil agar tidak mundur saat berhenti di tanjakan walaupun rem tidak diinjak.

Tujuan berikutnya adalah Semenggoh Nature Reserve. Di sini, tim ekspedisi menjumpai 3 jenis orang utan yang dilindungi karena hampir punah. Perjalanan lalu ditutup dengan "wonders" ke-7, Toa Pe Kong, kelenteng tertua di Kuching yang berumur hampir 200 tahun dan sangat populer bagi pemeluk agama Konghucu.

“Perjalanan kali ini menikmati keindahan alam dan wisata di Kuching, setelah menembus ke perbatasan Sarawak, Malaysia,” kata Amelia Tjandra, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor.

Ekspedisi Terios 7 Wonders dengan tajuk "Exotic Borneo Life" sudah dimulai dengan main-main di kawasan Kalimatan tepatnya ke Rumah Adat Dayak Radakng, yang merupakan rumah panggung replika terbesar di Indonesia dan mendapat penghargaan MURI karena kemegahannya dengan panjang 138 meter. Tingginya sendiri 7 meter karena ditujukan untuk menghindari serangan binatang buas dan antisipasi banjir.

Menjelajah Kota Pontianak juga tidak lengkap tanpa mengunjungi Tugu Khatulistiwa. Sebagai Kota Khatulistiwa yang dilalui garis lintang nol derajat, maka matahari siang akan berada tepat di atas kepala sehingga memberikan pengalaman unik saat tugu dan benda di sekitarnya tidak memiliki bayangan.

"Nantikan petualangan Terios 7 Wonders berikutnya, ya,” kata Amelia Tjandra merujuk pada destinasi berikutnya karena ekspedisi 7 SUV ini masih berlanjut.

(kpl/nzr/ahm)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami