Cerita Rolls-Royce Nyaris Bikin Mesin Rotari Diesel Unik

Pabrikan mobil mewah asal Inggris, Rolls-Royce, pernah bereksperimen dengan dapur pacu rotari Wankel.

Sabtu, 19 Agustus 2017 14:15
Foto: Rolls-Royce
Editor : Fitradian Dhimas

Otosia.com - Jika mendengar mesin rotari Wankel, yang pertama kali teringat adalah mobil-mobil sport buatan Mazda, seperti RX-7 dan RX-8.

Namun, meski begitu, bukan berarti mesin yang unik ini aksklusif hanya digunakan oleh Mazda, karena pabrikan mobil mewah asal Inggris, Rolls-Royce, pernah bereksperimen dengan dapur pacu rotari Wankel.

Hanya saja, tercatat pada tahun 1970-an, mesin wotari Wankel karya Rolls-Royce tidak diperuntukkan pada mobil sport, melainkan untuk mengembangkan mobil militer buatan Rolls-Royce.

Dan lagi, mesin rotari Wankel karya Rolls-Royce berbeda dari buatan Mazda. Jika 2 rotari kepunyaan Mazda berdampingan satu sama lain, jantung penggerak milik Rolls-Royce cenderung dempet atas-bawah.

Selain itu, pada mesin rotari Wankel Rolls-Royce, rotor bagian bawah lebih besar dan berperan sebagai kompresor untuk memberi dorongan pada rotor atas yang menghasilkan tenaga.

Lebih gila lagi, mesin rotari Wankel hasil karya Rolls-Royce ini dibuat agar mengkonsumsi bahan bakar diesel, dengan ukuran mesin 500 cc, dan kompresor sebesar 1.126 cc dan menghasilkan 180 hp.

Sayangnya, mesin ini tidak pernah menemui kelanjutan setelah Rolls-Royce membuat sedikitnya 4 unit mesin untuk keperluan uji coba.

BERITA MENARIK LAINNYA

(kpl/fdk)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami