Cerita Porsche Melahirkan Audi RS Pertama

Porsche ikut membantu menciptakan lini Audi RS. Supaya unik dari AMG dan BMW M yang memproduksi sedan, Audi RS pertama merupakan sebuah Station wagon.

Kamis, 13 Juli 2017 18:45
Foto: YouTube
Editor : Fitradian Dhimas

Otosia.com - Nama Audi tentu sudah dikenal sebagai pabrikan mobil mewah yang merupakan rival dari merek Jerman lainnya, yaitu BMW dan Mercedes-Benz.

Hanya saja, hingga awal tahun 1990-an, Audi kekurangan satu hal yang kalah dari lawan-lawannya. Jika Mercedes-benz memiliki AMG, dan BMW dengan divisi M, Audi tidak memiliki lengan yang menangan mobil kencang.

Pada era 1980-an, Audi memang memiliki monster reli bernama Quattro, namun mobil tersebut mampu mengalahkan lawannya karena mobil reli lainnya tidak memiliki penggerak 4WD.

Oleh karena itu, pabrikan mobil sport, Porsche, akhirnya ikut membantu menciptakan lini Audi RS. Supaya unik dari AMG dan BMW M yang memproduksi sedan, Audi RS pertama merupakan sebuah Station wagon.

Berjuluk Audi RS2 Avant, Porsche membenahi mesin turbo 2.2 liter 5 silinder milik Audi agar lebih bertenaga, hingga mencapai angka 315 hp.

Tidak hanya urusan mesin, Porsche juga memberi Audi RS2 Avant dengan rem dari Porsche 968 CS, roda milik 964 Turbo, dan transmisi manual 6 kecepatan.

Untuk memastikan Audi tidak mengacaukan RS2 Avant, station wagon tersebut dibangun di pabrik Rossle-Bau milik Porsche, yang mana juga membidani hypercar pertama Porsche, yaitu 959.

BERITA MENARIK LAINNYA

(kpl/fdk)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami