Cerita Perempuan Iran Mendesain Kendaraan untuk Penyandang Disabilitas

Belum banyak negara yang menyediakan transportasi umum yang ramah untuk penyandang disabilitas. Di Iran, seorang perempuan penyandang disabilitas karena polio sejak kecil, Zahara Sedighi mendesain kursi rodanya yang kompatibel dengan motor.

Jum'at, 04 Mei 2018 17:30
Foto by Rideapart
Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Belum banyak negara yang menyediakan transportasi umum yang ramah untuk penyandang disabilitas. Di Iran, seorang perempuan penyandang disabilitas karena polio sejak kecil, Zahara Sedighi mendesain kursi rodanya yang kompatibel dengan motor.

"Aku tidak bisa menggunakan bus, aku tidak bisa menemukan taksi. Tidak ada transportasi untuk penyandang disabilitas di masyarakt," kata Zahara kepada Euronews, seperti dilansir dari Rideapart.

Sejak itu, Zahara memiliki ide untuk mendesain kendaraan yang bisa digunakan oleh orang-orang seperti dirinya. Jadilah kursi roda yang bisa diangkut oleh motor dengan desain yang ramah bagi penyandang disabilitas.

Kendaraan itu dibuat dari dua bagian motor yang ditempelkan ke sebuah platform yang menghubungkan kedua bagian itu ke bagian kendali depan.

Motor tersebut memiliki akses untuk dimasuki, diantara dua bagian motor tersebut. Kendaraan itu juga memiliki stang yang berada di bagian tengah sebagai kontrol.

Ruang ditengah, diantara dua buah bagian motor tersebut bisa dimasuki hingga ke bagian depan. Sehingga pengguna bisa menggunakan stang dan menyetir diatas kursi roda.

Dengan kendaraan ini, Zahara bisa bepergian. Namun sebenarnya Ia tak memiliki surat izin mengemudi. Bukan tak berusaha, tapi sementara tak ada aturan bahwa perempuan harus memiliki surat izin di Iran.

SUDAH BACA INI BELUM?

(kpl/tys)
TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami