Cerita Oli Palsu di Musim Mudik Lebaran

Ada saja oknum tak bertanggung jawab yang memanfaatkan momen mudik untuk berlaku curang, seperti memalsukan pelumas di tengah kebutuhan ini.

Selasa, 11 Juni 2019 14:15
Cerita Oli Palsu di Musim Mudik Lebaran Oli Federal (Otosia.com/Nazarudin Ray)

Editor : Ahmad Muzaki
Reporter : Nazarudin Ray

Otosia.com - Mudik Lebaran lalu adalah masa ketika kebutuhan perawatan otomotif cukup tinggi. Kendaraan mesti siap karena akan digunakan untuk perjalanan jauh.

Namun ada saja oknum tak bertanggung jawab yang memanfaatkan momen ini untuk berlaku curang, seperti memalsukan pelumas di tengah kebutuhan ini. Salah satunya untuk oli Federal.

"Prinsipnya, apa pun yang punya pasar besar pasti diduplikasi. (Terlebih lagi pada masa mudik) biasanya mereka (konsumen pemudik) berangkat (persiapan mudik) ganti oli, pulang ganti oli," ujar Adrian Baskoro, Vice President Director PT Federal Karyatama terkait pemalsuan produk ternama dan kaitannya dengan kebutuhan oli saat Lebaran.

1 dari 1 Halaman

Antisipasi oli palsu

imageAntisipasi oli palsu

Ia pun menjelaskan bahwa oli palsu ini tidak jarang dilaporkan konsumen. Ia pun memperjelas seperti apakah yang dimaksud dengan oli palsu dan kerugiannya.

"Kami hanya follow up konsumen bahwa ada produk yang menggunakan (nama) Federal yang tidak sesuai speknya. Kami menyerahkan kepada pihak yang berwajib saja sebagai pemilik domainnya. Supaya konsumen kami terproteksi," kata dia.

Beberapa langkah antisipasi sudah dilakukan. Salah satunya mengedukasi konsumen.

"Mengedukasi konsumen melalui website bagaimana cara membedakan oli Federal yang asli dan bukan. (Bagaimanapun) kerugian pasti ada, baik bisnis maupun juga merugikan konsumen," kata dia.

(kpl/nzr/ahm)

Join Otosia.com
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami