Catat, Pemerintah Siapkan Kebijakan Insentif Pajak Kendaraan Berbasis Emisi

Sayangnya pemerintah masih belum mau membocorkan teknis insentif pajak kendaraan berbasis emisi

Kamis, 18 November 2021 09:15
Catat, Pemerintah Siapkan Kebijakan Insentif Pajak Kendaraan Berbasis Emisi Mobil siap ekspor terparkir di PT Indonesia Kendaraan Terminal (Liputan6.com/Johan Tallo)

Editor : Ahmad Muzaki

Otosia.com - Pemerintah Indonesia hingga kini terus berupaya untuk turut serta mengurangi gas rumah kaca. Atas hal itu, pemerintah akan membahas kebijakan insentif pajak kendaraan berbasis emisi.

"Kita juga akan mulai membahas kebijakan insentif lainnya untuk otomotif, yakni insentif pajak dengan basis emisi," kata Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita saat ditemui di ICE BSD City, Tangerang, Banten, Rabu (17/11).

1 dari 2 Halaman

Agus enggan menjelaskan lebih rinci terkait teknis inisiatif pengenaan pajak tersebut. Dia hanya menyebut pengenaan pajak berbasis emisi ini bertujuan agar produk otomotif yang saat ini sedang berkembang masih bisa digunakan dengan beberapa catatan khusus.

"Nanti akan kita perkenalkan oleh pemerintah ini supaya teknologi yang sekarang ini bisa berkembang di Indonesia dengan catatan teknologinya green recycle," kata dia.

Dia hanya mengatakan proses inisiatif tersebut tengah dalam pembahasan. "Ini sedang kami susun, inisiatifnya sedang kita siapkan," sambungnya.

2 dari 2 Halaman

Konsep Green Mobility

Saat ini kata Agus, Kementerian Perindustrian tengah menggunakan konsep green mobility. Dalam hal ini tidak hanya terbatas pada kendaraan mobil saja. Melainkan didalamnya terdapat beragam alat transportasi mulai dari mobil, motor, truk, kapal laut, bus dan sebagainya.

"Kalau di Kementerian Perindustrian kita pakai Green mobility, jadi lebih ke alat transportasinya kayak mobil, motor, truk, kapal, bus, dan lain-lain," kata dia mengakhiri.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

(kpl/ahm)

TAGS :
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami