Cari Nissan Serena-Livina Bekas, Perhatikan Bagian yang Rawan

Nissan itu cepat ngelitik. Soalnya rekomendasi dari sananya Nissan itu harus pakai bahan bakar yang oktannya tinggi banget.

Kamis, 26 Juli 2018 15:15
Foto: Celica21gtfour
Editor : Cornelius Candra
Reporter : Dimas Wahyu Trihardjanto

Otosia.com - Nissan terkenal sebagai mobil Jepang yang nyaman. Tapi ada harga ada rupa. Sejumlah hal mesti dicek jika berminat cari yang second.

Ini khususnya kalau saat ini lagi mengincar MPV besar Nissan Serena ataupun model station wagon Grand Livina.

Menurut Oman Syahroni, Kepala Teknisi Benzi Motor di bilangan Jakarta Pusat, mobil-mobil untuk jenis yang mulai berumur akan terasa ngelitik di mesin.

Soal ngelitik, bagian ini bisa terjadi di mesin karena pemiliknya paham dengan kekhususan pada mobil satu itu.

"Nissan itu cepat ngelitik. Soalnya rekomendasi dari sananya Nissan itu harus pakai bahan bakar yang oktannya tinggi banget. Jadi minimal itu pakai Pertamax. Pakai Pertamax pun kadang-kadang ada orang dicampur Pertamax sama Pertalite," kata dia.

Jurusnya sebenarnya menurut dia adalah penggunaan carbon cleaner. Ini adalah pembersih karbon atau kerak-kerak di ruang bakar. Pihaknya selalu merekomendasikan tune-up besar, pembersihan ruang bakar. Hal itu berlaku pada Serena sama Livina.

"Jadi kami kasih carbon cleaner ke ruang bakar. Terus tunggu 20 menit, kemudian kami sedot balik. Tujuannya membersihkan ruang bakar. Jadi di piston atau seher, ada kerak. Jadi kami masukkan cairan di ruang busi dan ruang bakar, kami kasih cairan itu," kata dia.

Kira-kira 70 persen urusan ngelitik itu menurut pengalamannya akan hilang dengan memanfaatkan carbon cleaner.

BACA INI JUGA DONG OTOLOVERS

(kpl/why/crn)
TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami