Cari Mobil di Pelelangan, Ini yang Mesti Kamu Tahu

Membeli mobil di Balai Lelang selainmurah, prosesnya juga terbilang cepat. Namun, ada beberapa hal yang harus dipahami saat ikut lelang.

Jum'at, 14 Agustus 2020 15:15
Cari Mobil di Pelelangan, Ini yang Mesti Kamu Tahu Ilustrasi lelang mobil (multiautobolivia.com)

Editor : Nazarudin Ray

Otosia.com - Beli mobil bekas bisa dilakukan dengan banyak cara. Namun jika ingin sekali lihat sudah dapat banyak pilihan, satu di antaranya adalah datang ke pelelangan. Apalagi, pelelangan cenderung berkonotasi dapat harga murah.

Untuk diketahui, dengan banyaknya pilihan mobil,lelang adalah suatu proses penjualan barang secara terbuka dan di muka umum dengan penawaran harga.

Nah, penawaran harga ini secara lisan atau tertulis, secara meningkat, dan didahului dengan pengumuman lelang secara ketentuan perundangan yang berlaku.

Kenapa berburu mobil di pelelangan menarik? Sebab, banyak para pedagang mobil mencari incaran kendaraan di tempat tersebut. Di satu sisi, ini bisa jadi acuan. Sekalipun memang di sisi lain muncul persepsi bahwa pembeli individual harus bersaing dengan pedagang.


1 dari 3 Halaman

"Menjadi tugas kami dan juga regulator untuk menjelaskan apa itu lelang yang sebenarnya adalah mudah dan menyenangkan," kata Bady Qadarsyah, Operation Head PT Balai Lelang Astra Natra Jaya (AUKSI)

Kemudahan menjadi sesuatu yang diusahakan oleh pihaknya, dalam hal ini Auksi. Sebab, selama ini kebanyakan pelelangan kendaraan terbilang merepotkan secara aturan.

"Selama ini persepsi masyarakat, setiap balai lelang termasuk otomotif pasti ribet untuk mengikutinya. Ketika balai lelang dibuka untuk swasta pada tahun 2006-2007, salah satu PR nya adalah mensosialisasikannya kepada masyarakat," ungkapnya.

 

2 dari 3 Halaman

Kemudian yang perlu dipahami, dan bisa jadi poin menarik adalah mobil yang dilelang bersifat apa adanya. Ini bisa menjadi menarik bagi mereka yang suka oprek kendaraan dan mendapatkan mobil dengan harga terjangkau.

"Lelang itu apa adanya, unit yang dilelang apa adanya tidak dilakuan perbaikan terlebih dahulu. Setiap tahunnya kami melakukan lelang di tempat umum, seperti di mall dan juga pusat perbelanjaan lainnya bukan di kantor kami. Hal ini yang kami jadikan edukasi kepada masyarakat, seperti inilah lelang yang kami lakukan," tambahnya.

 

3 dari 3 Halaman

Satu lagi yang harus dimengerti bagi yang pertama kali ikut lelang adalah tidak menerima kredit. Semua pembelian lelang dilakukan secara tunai.

"Benar pembayaran harus tunai dan tenggang waktu pembayaran tunai setelah memenangkan lelang berkisar antara 3-5 hari. Kenapa tidak kredit, karena ada peraturan di finance regulator dengan finance company yang hingga saat ini angkanya belum bisa ketemu. Sebab itu, Balai Lelang belum bisa memberikan kredit kepada customer," tutup Bady.

(kpl/nzr)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami