Cara Mudah Deteksi Penyebab Kerusakan Speedometer Motor

Cara mudah mengetahui penyebab kerusakan pada speedometer motor bisa dilihat dari beberapa komponen motor. Cara mudah mengetahui penyabab speedometer rusak bisa dilakukan sendiri.

Minggu, 14 April 2019 19:45
Ilustrasi (Rogue Motorcycle)
Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Berkendara sepeda motor dengan kondisi speedometer tak berfungsi itu terasa kurang nyaman. Pengendara jadi tak tahu kecepatan mereka, tak bisa melihat level bahan bakar, dan lainnya. 

Bahkan speedometer sepeda motor modern dilengkapi dengan fitur-fitur yang lebih modern. Jika terjadi sesuatu yang tak pas dengan komponen ini, jelas fitur-fitur itu tak bisa dilihat dan berfungsi. 

Pemilik sepeda motor perlu tahu penyebab speedometer bermasalah. Menurut Honda Cengkareng, speedometer yang rusak disebabkan oeh beberapa hal. 

1. Kabel Putus

Kabel bisa putus karena kabel tertekuk atau tertarik. Selain itu juga karena karat pada kabel, akibat kemasukan air ke dalam kabel pada saat mencuci motor atau melewati genangan air. Bisa juga, kabel putus karena memang sudah waktunya ganti. 

2. Gearbox Rusak

Fungsi gearbox untuk menyalurkan tenaga atau daya mesin ke bagiann mesin laiinnya sehingga bisa menghasilkan pergerakan baik berputar atau bergeser. Kerusakan gearbox biasanya karena pemasangan gearbox yang kurang pas, gearbox pecah, atau gearbox aus. Jika gigi dalam gearbox sudah mengecil maka harus segera diganti. 

3. Speedometr Rusak

Selain dua hal di atas, speedometer tak berfungsi bisa karena speedometer itu sendiri yang rusak secara keseluruhan. Biasanya karena pecah, jarum macet, atau per patah.

SUDAH BACA INI BELUM?

(kpl/tys)
TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami