Cara Menyiasati 'Gredek' Pada Honda ADV 150

Masalah gredek pada beberapa motor matik, seperti Honda ADV150 yang belakangan ramai diperbincangkan bisa diatasi dengan beberapa cara.

Rabu, 18 Desember 2019 22:15
Cara Menyiasati 'Gredek' Pada Honda ADV 150 Honda ADV150 (Otosia.com/Nazarudin Ray)

Editor : Dini Arining Tyas
Reporter : Nazarudin Ray

Otosia.com - Beberapa waktu lalu muncul petisi melalui Change.org untuk Honda ADV150. Petisi 'gredek ADV seperti PCX. Segera ditindaklanjuti dan direcall' yang diinisiasi oleh Mr F 007 itu muncul lantaran adanya masalah pada ADV.

Menanggapi munculnya petisi tersebut, Honda mengimbau konsumen untuk melakukan pemerksaan. Honda juga menyarankan kepada pemilik ADV untuk melakukan perawta rutin di bengkel resmi.

1 dari 2 Halaman

Sementara itu, menurut salah satu bengkel Kedai Rider, Yoyo, gejala gredek pada Honda ADV150 disebabkan oleh beberapa hal. Salah satu biang keladinya yakni roller. Pasalnya, menurut Yoyo, roller Honda ADV 150 punya bobot yang terbilang berat yakni 21 gram.

Untuk mengakalinya, bisa melakukan penggantian roller dengan produk after market, atau bisa juga dengan membubut variator, kipas pully dan mengganti mangkok CVT. Namun yang dibubut adalah part orisinil bawaan motor.

"Banyak pelanggan yang mengeluh soal gredek ini. Jalan keluarnya ganti beberapa komponen CVT. Nah supaya enak bisa ganti per CVT dan kampas ganda kepunyaan NMax," terangnya.

Yoyo menyebut sedikitnya ada 3 paket yang ditawarkan untuk mengatasi gredek ADV 150. Pengerjaan seperti yang ia sebutkan di atas ongkosnya Rp 500 ribu. "Sejauh ini kita belum menemukan adanya keluhan lagi dari konsumen," paparnya.

2 dari 2 Halaman

Sementara Tino dari Reisen Motoshop menyebut bahwa gaya berkendara berkolerasi dengan gejala gredek. Menurut dia gaya berkendara yang salah lama-lama akan menyebabkan pully roller akan rusak karena dipaksa bekerja keras.

"Kalau bawa motornya ngak bener, ya lama-lama partnya rusak juga, jadi timbul gredek," katanya.

Namun hal ini bukan tidak bisa diatasi. Caranya kurang lebih sama dengan pendapat Yoyo di atas. Yakni mengganti komponen-komponen yang menyebabkan ADV 150 timbul gredek.

Lantas bengkelnya menawarkan paket pengerjaan dengan pemasangan pully, per CVT, kopling ganda, serta roller 16 gram. Paket tersebut berbiaya Rp 1.210.000, dan diklaim dapat melenyapkan gejala gredek pada ADV 150.

(kpl/nzr/tys)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami