Cara Menghitung Kompresi Mesin Motor, Ini Rumusnya

Begini cara menghitung kompresi mesin motor. Simak selengkapnya!

Rabu, 11 Mei 2022 21:30
Cara Menghitung Kompresi Mesin Motor, Ini Rumusnya Ilustrasi motor (Istimewa)

Editor : Ahmad Muzaki

Otosia.com - Tentunya bagi Otolovers yang sering melakukan modifikasi sepeda motor khususnya mesin, pastinya sudah tidak asing dengan istilah rasio kompresi. Lantas bagaimana cara menghitung rasio mesin motor?

Tentunya sangat mudah, nah berikut ini cara menghitung kompresi dengan menggunakan rumus yang telah ditentukan. Dilansir dari laman resmi Federal oil, berikut cara menghitung kompresi.

1 dari 3 Halaman

Cara Menghitung Kompresi

Cara menghitungnya rasio kompresi (r) adalah volume ruang bakar (Vr) + volume silinder (Vs) kemudian dibagi volume ruang bakar (Vr). Jika ditulis dalam rumus sebagai berikut :

Vr + Vs

---------- = r

Vr

2 dari 3 Halaman

Sebelum menghitung rasio kompresi, sebaiknya Otolovers terlebih dahulu harus mengetahui volume silinder (Vs) dan volume ruang bakar (Vr). Cara menghitung adalah volume ruang bakar dengan cara mengisi ruang bakar dengan cairan. 

Kemudian, cairan dari lubang busi dimasukkan. Sebaiknya menggunakan suntikan agar mengetahui berapa cc cairan yang bisa dimasukan. Seperti Vr = 15 cc.

Sebagai contohnya adalah motor 150 cc. maka rasio kompresinya adalah 9,3 : 1.

15 + 125

----------- = 9,3

15

3 dari 3 Halaman

Ketika kapasitas meningkat tentu saja kinerja mesin juga ikut meningkat. Dengan demikian Otolovers harus melakukan perawatan secara rutin dengan mengganti oli sepeda.

Durasi yang baik untuk penggantian oli adalah minimal sebulan sekali, namun saat kondisi mesin sudah dirasa kurang enak sebaiknya mengganti oli baru paling tidak setiap dua minggu. Agar mendapatkan performa yang memuaskan pilih oli sepeda motor yang tepat dan berkualitas. 

Demikian, cara menghitung kompresi pada mesin yang dapat Otolovers lakukan. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Otolovers semuanya. 

Penulis: Dien Muhammad Abizard

(kpl/ahm)

TAGS :
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami