Cara Mengajukan SIM Gratis 1 Juli 2020, Perhatikan Syarat-Syarat Berikut

Sejumlah wilayah telah mengonfirmasi pembuatan SIM gratis bagi warga kelahiran 1 Juli, seperti Ditlantas Polda Jawa Timur, Polres Pelabuhan Makassar, Polrestabes Bandung, dan Polres Pangkal Pinang.

Rabu, 17 Juni 2020 15:58
Cara Mengajukan SIM Gratis 1 Juli 2020, Perhatikan Syarat-Syarat Berikut Warga mengurus Surat Izin Mengemudi (SIM) di mobil layanan SIM Keliling Masjid At-Tin, Jakarta Timur, Kamis (4/6/2020). Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mengoperasikan kembali layanan mobil SIM Keliling untuk mengantisipasi antrean pemohon. (Liputa

Editor : Ahmad Muzaki

Otosia.com - Beberapa wilayah di Indonesia berikan layanan gratis untuk pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) dalam rangka rayakan ulang tahun ke-74 Bhayangkara. Namun, ada juga daerah yang tak ikut berlakukan pelayanan ini, seperti di DKI Jakarta.

Melansir Liputan6.com, Kasie SIM Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Lalu Hedwin menegaskan hingga saat ini tak ada pembebasan biaya pembuatan SIM di tanggal 1 Juli.

"Sampai saat ini di wilayah Jakarta belum ada (pembuatan SIM gratis). Nanti kalau memang ada hal tersebut, akan kami informasikan," kata Hedwin kepada Liputan6.com.

Sebelumnya, Kepala Satuan (Kasat) Lantas Polres Sangihe, IPTU Awaludin Puhi SIK mulai membuka pendaftaran di tanggal 13 hingga 15 Juli bagi masyarakat kelahiran 1 Juli yang ingin membuat SIM gratis.

1 dari 2 Halaman

Bawa KTP

Jika Otolovers ada yang lahir di tanggal 1 Juli tentu bisa manfaatkan layanan ini. Hanya perlu bawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) jika ingin mengurus SIM.

“Program ini khusus warga kelahiran 1 Juli. Mereka akan mendapat pelayanan SIM secara gratis, dan tentu dengan syarat mempunyai KTP, lulus ujian teori dan praktek, serta sehat jasmani dan rohani dengan membawa surat keterangan berbadan sehat. Yang lulus akan ditanggung oleh sponsor,” ujar IPTU Awaludin dilansir Korlantas Polri.

Sejumlah wilayah lain juga telah mengonfirmasi pembuatan SIM gratis bagi warga kelahiran 1 Juli, seperti Ditlantas Polda Jawa Timur, Polres Pelabuhan Makassar, Polrestabes Bandung, dan Polres Pangkal Pinang.

2 dari 2 Halaman

Biaya Membuat SIM Baru

Sudah diatur dalam PP Nomor 60 Tahun 2016 Tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku di Kepolisian Republik Indonesia, berikut tarif pembuatan SIM :

1. SIM A dan A Umum = Rp 120.000,00.

2. SIM B1 dan B1 Umum = Rp 120.000,00.

3. SIM B2 dan B2 Umum = Rp 120.000,00.

4. SIM C = Rp 100.000,00.

5. SIM D = Rp 50.000,00.

(kpl/ahm)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami