Cara Membayar Pajak Kendaraan Tahunan di Samsat

Berikut langkah-langkah saat membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) di Samsat.

Rabu, 30 Desember 2015 08:15
Ilustrasi Pemabayaran di Samsat Jakarta Timur @Merdeka.com
Editor : Nurrohman Sidiq

Otosia.com - Pemilik kendaraan bermotor setiap tahun wajib membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Pembayaran pajak tersebut dapat dilakukan di seluruh Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) atau tidak tergantung domisili yang tercantum di Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

Otosia pun sempat mencoba melakukan perpanjangan PKB kendaraan roda empat di Samsat Jakarta Timur. Prosedur perpanjangan pajak tahunan terbilang sangat mudah dan tidak memakan waktu lama. Berikut langkah-langkahnya.

Langkah pertama adalah menyiapkan berkas-berkas. Adapun berkas yang diminta antara lain STNK asli dan fotokopi, fotokopi Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB), Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan fotokopinya. Apabila berkas-berkas tersebut sudah lengkap barulah kita masuk ke langkah selanjutnya.

Langkah kedua adalah mengisi formulir pendaftaran. Formulir pendaftaran dapat diambil di loket formulir. Sang pemohon harus mengisi data-data kendaraan sesuai dengan yang tertera di STNK, antara lain merk kendaraan, isi silinder, nomor mesin dan nomor rangka.

Langkah ketiga yaitu mendaftar. Prosesnya terbilang sangat mudah, Anda cukup menyerahkan berkas-berkas yang diminta beserta formulir pendaftaran. Di tahap ini, petugas akan memeriksa kelengkapan surat kemudian memberikan nomor antrian untuk menuju loket kedua.

Langkah keempat adalah mengambil notice bernama Surat Setoran Pajak Daerah PKB/BBN-KB. Di loket kedua ini, nomor Anda akan dipanggil untuk mendapatkan notice. Notice sendiri berupa lembaran yang berisi total pajak yang harus Anda bayarkan. Setelah mendapatkan notice, kita lanjut ke tahap selanjutnya yaitu pembayaran.

Di loket ketiga, Anda diharuskan membayar sesuai dengan yang tertera di Notice. Pembayarannya pun sangat mudah dan hanya menerima tunai. Setelah selesai membayar, notice akan distampel yang menunjukkan pelunasan pembayaran.

Langkah terakhir adalah mengambil Surat Ketetapan Pajak Daerah PKB/BBN-Kb dan SWDJLLJ. Di tahap ini, nama Anda yang tertera di STNK akan dipanggil, kemudian Anda akan menerima surat di atas yang menandakan akhir dari proses.

KABAR MENARIK BERIKUTNYA

(kpl/fid/sdi)
TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami