Cara Hitung Daya Angkut Maksimal Mobil, Kamu Wajib Tahu

Bisa mengangkut barang lebih banyak adalah alasan andalan masyarakat memilih menggunakan kendaraan pribadi saat bepergian. Tapi, para pemilik mobil wajib tahu berapa daya angkut maksimal mobilnya.

Selasa, 18 Juni 2019 18:45
Cara Hitung Daya Angkut Maksimal Mobil, Kamu Wajib Tahu Daya angkut masing-masing mobil berbeda, pemilik mobil tak boleh memaksakan membawa barang berlebihan (Liputan6.com)

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Bisa mengangkut barang lebih banyak adalah alasan andalan masyarakat memilih menggunakan kendaraan pribadi saat bepergian. Tapi, para pemilik mobil wajib tahu berapa daya angkut maksimal mobilnya.

Sebab, mobil juga punya batas beban maksimal yang ideal. Jangan hanya karena masih ada ruang tersisa, maka mobil terus diisi dengna barang.

Kepala Bengkel Auto2000 Yos Sudarso, Suparman mengatakan, kondisi tersebut adalah persepsi yang salah dan fatal untuk dilakukan. Meski memiiki bagasi yang lapang, tiap mobil memiilki bobot maksimal yang tak boleh diabaikan.

1 dari 2 Halaman

Kebiasaan Salah

Kebiasaan Salah

"Ini kebiasaan yang salah, orang kerap khilaf memasukkan barang tanpa memperhatikan faktor kenyamanan selama perjalanan. Lebih parah kadang-kadang barang muatan tersebut bikin bobot mobil over yag justru bisa mengundang hal-hal berisiko saat perjalanan," jelas Suparman, dilansir dari laman resmi Auto2000.

Lanjut Suparman, membawa barang bawaan yang melebihi kapasitas juga kerap dilakukan ketika mudik atau bepergian jauh seperti libur sekolah. Kebanyakan orang saat di kampung halaman ingin membawa hasil bumi atau oleh-oleh tanpa mengindahkan payload atau jumlah beban yang bisa diangkut pada mobilnya.

"Justru biasanya yang bawa barang banyak itu saat balik, mereka bawa oleh-oleh, belum lagi ditambah dengan barang bawaan yang dibawa saat berangkat. bayangkan beban mobil akan seperti apa, plus ditambah mengangkut penumpang dan berjalan ratusan kilometer," tambahnya.

Suparman mengingatkan pemilik mobil sebelum membawa barang bawaan memperhatikan payload dari kendaraannya. Cara mengukurnya bisa melihat dari berat kosong dan maksimum mobil yang sudah tertera di buku manual tiap mobil.

2 dari 2 Halaman

Cara Hitung

Cara Hitung

Misal, untuk Toyota Kijang Innova yang memiliki berat maksimum 2.130 kg dan berat kosong 1.525 kg, dari kedua jumlah tersebut tinggal dikurangi.

Hasilnya ada selisih 650 kg merupakan daya angkut atau daya muat yang boleh ditambah atau dimasukkan ke dalam mobil. Tapi jumlah itu sudah termasuk hitungan bobot jumlah penumpang yang dibawa.

Untuk mobil yang sudah dilengkapi roof rail seperti jajaran SUV Toyota, bisa memanfaatkan bagian atap untuk meletakkan barang bawaan. namun, tetap ada aturan mainnya.

Menurut suparman, pada umumnya beban yang dianjurkan pada atap mobil tidak lebih dari 70-73 kg. Apabila lebih maka bisa membuat atap mengalami deformasi.

Sumber; Liputan6.com

(kpl/tys)

KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami