Cara Agar Kendaraan Rusak Akibat Kerusuhan Demo Ditanggung Asuransi

Asuransi tidak akan menanggung kerusakan kendaraan bermotor akibat kerusuhan demo. Solusinya, pemilik harus melakukan perluasan asuransi.

Sabtu, 28 September 2019 16:15
Cara Agar Kendaraan Rusak Akibat Kerusuhan Demo Ditanggung Asuransi Perluasan Asuransi (Auto2000)

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Jika demo berakhir dengan kerusuhan, bukan tidak mungkin kendaraan juga bisa menjadi korban. Seperti demo di sekitar gedung DPR/MPR/DPD RI, Selasa (24/9/2019) lalu. Ada sepeda motor dan beberapa kendaraan yang terbakar.

Kalau sudah begitu, mungkin akan susah mencari siapa yang harus bertanggung jawab. Kalaupun memiliki asuransi, belum tentu kerusakan akibat kerusuhan tersebut ditanggung oleh asuransi, karena di luar ketentuan polis.

Solusinya, melakukan perluasan jaminan, yakni layanan perlindungan tambahan di luar ketentuan polis asuransi umum. Menurut laman Auto2000, ada beberapa penyebab kerusakan mobil yang perlu dimasukkan ke dalam perluasan jaminan asuransi agar bisa diklaim.

 

1 dari 1 Halaman

Jaminan Perluasan Asuransi

Akibat Kerusuhan

Saat sedang mengemudi di jalan tiba-tiba terjebak demo yang berujung rusuh, lalu mobil terkena lemparan batu atau benda keras lainnya sehingga mobil rusak. Jika sudah melakukan perluasan asuransi, maka kerusakan ini bisa ditanggung.

Banjir

Bagi yang tinggal di daerah rawan banjir dan berisiko besar terjebak banjir, pentung juga untuk memperluas asuransi mobil dengan fitur tambahan ini.

Bencana Alam

Bencana alam tidak bisa diduga, seperti gempa bumi contohnya. Sementara Indonesia adalah negara yang rawan bencana alam. Maka tak ada salahnya berjaga-jaga.

Third Party Liabilities

Thrid party liabilities (TPL) atau tanggung jawab hukum pihak ketiga, memungkinkan untuk mendapatkan jaminan atas kerugian pihak ketiga yang disebabkan oleh kelalaian saat berkendara menggunakan kendaraan bermotor yang diasuransikan. Kerugian yang dijamin tidak hanya kerusakan harta benda, tapi juga biaya pengobatan ats cedera badan atau kematian.

Kecelakaan Diri Penumpang

Fungsi dari perluasan asuransi ini saat terjadi kecelakaan yang mengakibatkan penumpang mobil cedera. Asuransi ini akan bekerja untuk menanggung biaya pengobatan yang muncul seperti risiko cacat, atau kehilangan anggota tubuh.

 

(kpl/tys)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami