Canggih! Pria Ini Ganti Cara Nyalakan Motor dari Kunci Jadi Fingerprint

Seorang pria Malaysia berhasil modifikasi cara menyalakan motor menggunakan fingerprint

Sabtu, 04 Desember 2021 12:15
Canggih! Pria Ini Ganti Cara Nyalakan Motor dari Kunci Jadi Fingerprint Pria ini modifikasi motor, tak perlu lagi pakai kunci. (Sumber: Siakapkeli)

Editor : Ahmad Muzaki

Otosia.com - Sepeda motor dianggap sebagai transportasi yang efisien dan cepat. Maka tak heran jika hampir semua orang memiliki kendaraan roda dua ini dan memakainya untuk menunjang kegiatan sehari-hari.

Kendaraan ini cukup bisa diandalkan ketika sedang sangat terburu-buru. Selain itu, kendaraan roda dua ini juga bisa memenuhi hobi mereka dalam bidang modifikasi. Seperti yang dilakukan oleh pria satu ini.

1 dari 3 Halaman

Jika kebanyakan orang memodifikasi bentuknya, pria ini justru memodifikasi cara menyalakan motor. Tak perlu lagi kunci seperti biasanya, pria ini mengubah cara menyalakan motor dengan fingerprint.

Alasan pria ini mengubah dan memodifikasi start motor ini pun terdengar simpel. Ia menjelaskan karena ia sering kali lupa meletakkan kunci moornya.

2 dari 3 Halaman

Pakai Fingerprint

Pria ini modifikasi motor, tak perlu lagi pakai kunci. (Sumber: Siakapkeli)

Dilansir dari Siakapkeli oleh Liputan6.com, Jumat (3/12/2021) seorang pria di Malaysia membagikan video yang menunjukkan motor dengan kecanggihan baru. Lewat akun bernama TOKAN Helmet, ia menyebut teknologi baru untuk menyalakan motor yang tak lagi memerlukan kunci.

Tampak pria berambut cepak meminta kawannya untuk menyalakan motor jenis Yamaha RXZ. Dalam video itu temannya memperlihatkan cara menyalakan motor dengan fingerprint.

Bahkan dengan jari yang berbeda pun motor itu tak akan menyala. Menurut pemilik motor, hanya sidik jari yang sudah disetel yang bisa menghidupkan dan mematikan motor. Dalam video ia memasang ibu jarinya sebagai finger scan.

3 dari 3 Halaman

Antisipasi Lupa Kunci Motor

Detektor sidik jari akan memancarkan lampu merah jika sidik jari yang tidak ditentukan ditempatkan pada detektor. Jika sidik jari cocok dengan sistem yang telah diatur, lampu akan berubah menjadi biru dan sepeda motor dapat dihidupkan.

Ide awal itu rupanya bermula dari banyak orang yang sering lupa menyimpan kunci motornya. Apalagi kalau kamu sedang berpergian, tentunya panik jika kunci motor tiba-tiba menghilang.

Video yang diunggah di Facebook itu pun langsung viral. Hingga berita ini ditulis video itu sudah ditonton lebih dari 2,6 ribu kali sejak diunggah 30 November lalu.

Penulis: Loudia Mahartika

Sumber: Liputan6.com

(kpl/ahm)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami