Canggih, Ban Mobil Ini Bisa Memompa Sendiri Sambil Jalan

Sebuah pabrikan ban asal Amerika menghadirkan konsep ban canggih dengan velg yang bisa memompa sendiri, bahkan saat berjalan.

Selasa, 08 Oktober 2019 20:45
Canggih, Ban Mobil Ini Bisa Memompa Sendiri Sambil Jalan Ban canggih Continental C.A.R.E (Carscoops.com)

Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Perkembangan teknologi mobil terus berjalan. Tak hanya soal fitur keselamatan dan berkendara, sektor kaki-kaki juga turut mengalami kemajuan, salah satunya ban.

Belum lama ini, produsen ban Continental memperkenalkan sebuah ban konsep. Uniknya, ban ini memiliki fitur memompa secara otomatis, bahkan saat berjalan.

Mengutip dari Carscoops.com, ban ini diberi nama C.A.R.E (Connected. Autonomous. Reliable. Electrified). Agar sistemnya berjalan, pabrikan asal Amerika itu juga melengkapinya dengan velg khusus.

Velg ini dilengkapi dengan beberapa sensor. Fungsinya ialah memantau berbagai macam aspek ban, seperti kedalaman tapak, kemungkinan kerusakan, suhu, dan tekanan angin.

1 dari 1 Halaman

Didesain Untuk Mobil Otonom

Didesain Untuk Mobil Otonom

Semua informasi tersebut dikirimkan ke ContiConnect Live. Berkat teknologi tersebut, seseorang bisa mengatur kondisi ban mobil dari jarak jauh.

Ketika dibutuhkan, ban ini bisa meningkatkan tekanan anginnya secara otomatis. Pasalnya, terdapat pompa sentrifugal yang menyatu dengan peleknya.

Teknologi ini dihadirkan Continental untuk menjaga konsumsi bahan bakar mobil lebih efisien. Dengan demikian, emisi gas buang yang dihasilkan pun bisa dijaga agar tetap rendah.

Hanya saja, pihak Continental masih belum mengutarakan niatnya membawa teknologi ini ke tahap produksi massal. Mereka hanya menyebut ban canggih itu akan efektif digunakan pada mobil listrik, terlebih yang telah menerapkan sistem berkendara otonom.

(kpl/crn)

TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami