Campur Oli Samping dengan Bensin, Begini Manfaatnya

Pengguna motor 2-tak biasanya akan mencampur bensin dengna oli samping. Cara itu ternyata memiliki banyak manfaat.

Senin, 30 April 2018 21:45
Foto : Dok Otosia.com
Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Pengguna motor 2-tak biasanya akan mencampur bensin dengan oli samping. Cara itu ternyata memiliki banyak manfaat.

Pemilik bengkel Mustika Motor, Opik, mengatakan oli samping yang dicampur ke tangki memiliki beberapa kegunaan. Salah satunya untuk mencegah agar tangki bersih dari karat.

"Biasanya kalau gak dicampur oli samping, kita pakai bensin murni atau pertamax murni biasanya karat akhirnya rembers ke bawah. Kotoran bisa numpuk di bawah bikin keropos tangki," ujar Opik kepada Liputan6.com.

Selain itu, fungsi lainnya adalah agar motor tidak mengeluarkan suara kasar.

"Oli samping campur ke tangki agar pelumasan diblok seher lebih bagus jadi nggak terlalu fokus di pompa oli. Kalau hanya fokus di pompa oli takutnya oli nggak naik ke pompanya itu bikin blok suaranya berisik, keluar suara kasar," jelasnya.

Ia juga menyarankan untuk perjalanan jauh atau dekat oli samping boleh masuk ke tangki, asaljangan terlalu banyak.

"Kalau terlalu banyak nanti ngebul knalpotnya lebih banyak. Kalau yang masih ada pompa oli paling enggak dua tutup botol aja. Tapi kalau enggak ada pompa olinya, botol larutan yang kecil takarannya segitu," kata opik.

Jangan lupa, saat menuang oli ke tangki biasakan sambil menggoyangkan motor. "Biar turunnya menyebar, gak diam di bawah aja," pungkasnya.

Sumber: Liputan6.com

SUDAH BACA INI BELUM?

(kpl/tys)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami