Cacat Airbag Ternyata Sudah Sebabkan Korban Jiwa

Program recall dilakukan berbagai pabrikan mobil yang menggunakan produk airbag Takata. Ternyata, cacat airbag ini telah menyebabkan korban jiwa.

Rabu, 14 Agustus 2019 11:15
Cacat Airbag Ternyata Sudah Sebabkan Korban Jiwa Airbag mobil (carscoops.com)

Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Belum lama ini PT Honda Prospect Motor (HPM) melakukan penarikan kembali ribuan mobilnya di Indonesia akibat cacat airbag. Komponen tersebut merupakan produksi Takata.

Airbag yang diproduksi Takata ini dapat mengembang secara berlebih dan berpotensi pecah. Tentu hal itu dapat membahayakan pengemudi dan penumpang.

Ternyata, cacat airbag ini tak hanya terjadi di Indonesia. Mengutip dari Detroit News, kasus tersebut bahkan telah mengakibatkan 102 korban di Amerika Serikat.

Setidaknya dilaporkan telah ada 24 korban jiwa di seluruh dunia akibat cacat airbag ini. Selain itu, korban luka terhitung lebih dari 250 orang.

1 dari 1 Halaman

Denda USD1 Miliar

imageDenda USD1 Miliar

Dengan demikian, Takata dinyatakan bersalah oleh Pengadilan Amerika Serikat. Perusahaan itu dikenai denda sebesar USD1 miliar atau sekitar Rp14,23 triliunan (Kurs USD1 = Rp14.233).

Sebesar USD125 juta (Rp1,7 triliunan) akan dibagikan kepada korban dan USD850 juta (Rp12 triliunan) kepada para produsen mobil untuk proses penggantian komponen. Kemudian USD25 juta (Rp355 miliaran) untuk membayar denda.

(kpl/crn)

Join Otosia.com
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami