Cabut Berkas Curanmor, Masihkah Harus Bayar 'Ini-Itu'?

Sally Frizellia mengaku kehilangan mobil, namun saat sudah ditemukan ternyata masih harus membayar. Benarkah pencabutan berkas membutuhkan biaya khusus?

Selasa, 24 November 2015 14:15
Posting Sally Frizellia
Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Kondisi kehilangan barang maupun kendaraan, yang sering disebut sebagai kasus curanmor merupakan salah satu kasus yang cukup sering dijumpai di negeri ini. Keberadaan niat dan kejahatan seringkali membuat para petugas polisi harus bertindak cepat untuk mengatasinya.

Seperti yang dialami oleh pemilik akun Sally Frizellia pada 23 November 2015 yang satu ini, dirinya mengadukan sebuah peristiwa kehilangan sebuah Honda Jazz-nya kepada kepolisian. Setelah seminggu kemudian berusaha mencari dengan pihak keluarga sendiri, ternyata Sally bisa kembali bersua dengan kendaraannya.

Namun, alangkah terkejutnya Sally saat dituliskan pada akun facebook miliknya, bahwa ternyata dirinya masih harus memberikan uang kepada pihak-pihak tertentu. Sally sendiri merasa bahwa hal ini juga mengherankan.

Sally menuliskan bahwa dirinya merasa kontribusi dari pihak kepolisian juga tidak terlalu besar karena dua hal. Yang pertama mobil miliknya ditemukan sendiri oleh pihak keluarga, dan yang kedua Sally melihat petugas hanya lebih sibuk 'mengetik' saat diadukan masalah tersebut.

Semakin Sally merasa miris karena dirinya mengaku 'diperas' dengan jumlah uang yang sudah ditentukan. Sally menuliskan bahwa oknum tersebut meminta sejumlah Rp 500 ribu untuk pencabutan berkas.

Sally melanjutkan bahwa oknum-oknum tersebut mengajukan bayaran untuk beberapa pihak yang disebut Sally sebagai 'untuk kanit lah, untk ini lah dan itu lahh'. Sementara, dari salah satu website referensi hukum Indonesia, yakni hukum online menuliskan bahwa sebetulnya prosesi pencabutan berkas tidak dikenakan biaya dengan jumlah tertentu.

BERITA YANG TAK BOLEH DILEWATKAN LAINNYA!

(kpl/fjr)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami