Bus Baru Transjakarta dari Eropa, Diklaim Lebih Aman

Transjakarta yang kini menjadi nadi transportasi di DKI Jakarta menggunakan bus-bus besar dan modern. Armada terbaru ini diklaim lebih aman dari generasi sebelumnya.

Jum'at, 23 Maret 2018 18:45
Foto : Nazar Ray
Editor : Cornelius Candra
Reporter : Nazarrudin Ray

Otosia.com - Transjakarta yang kini menjadi nadi transportasi di DKI Jakarta menggunakan bus-bus besar dan modern. Armada terbaru ini diklaim lebih aman dari generasi sebelumnya.

Pasalnya, bus buatan Eropa ini memiliki pengaturan kecepatan. Dalam hal ini, artinya bus tersebut tidak bisa dikebut atau ugal-ugalan.

"Kalau lihat di bulatan, di situ ada tulisan kecepatan maksimum 50 km/jam," ujar Shadiq Helmi, Business Process & Development PT Transjakarta lalu mengarahkan jarinya ke penanda (dalam kaca samping) yang ada di bus soal batas kecepatan yang ditetapkan.

Informasi dan aturan ini bukan berarti bus tidak bertenaga. Hanya saja, bus memang sudah diatur supaya tidak bisa lari kencang di atas itu, sekalipun gas sudah dibejek dalam. Bus-bus tersebut berasal dari pabrikan Eropa, Mercedes-Benz dan Scania.

"Unit-unit kami itu sudah diset, kecepatannya maksimum 50 km/jam. (Pedal gas dibejek) tetap enggak bisa. Kalau yang dulu, yang merah itu (buatan Cina) tidak bisa. Jadi bus Transjakarta sekarang sudah modern, Eropa," kata dia.

Bukan cuma itu, bus pun akan dilarang beroperasi jika pintunya tidak bisa ditutup. Alasan ini dimaksudkan demi faktor keamanan.

"Pintu tidak bisa ditutup juga tidak bisa jalan. Karena faktor-faktor safety itu juga yang kami perhatikan," kata dia lalu menyebut merek-merek Mercy, Scania, Volvo dan MAN dari Jerman untuk merek-merek yang digunakan oleh Transjakarta.

BACA INI JUGA DONG OTOLOVERS

(kpl/nzr/crn)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami