Buku Sejarah Pabrikan Mobil Dibanderol Setara Supercar, Mau?

Bentley merilis buku sejarahnya dengan harga setara supercar, tembus Rp3,7 miliaran.

Sabtu, 18 Mei 2019 10:15
Buku sejarah Bentley (Motor1.com)
Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Dengan budget Rp3 miliar, Otolovers bisa memiliki banyak pilihan untuk dibeli, seperti rumah, motor gede (moge), atau bahkan supercar.

Namun, pernahkah terpikir jika dana sebesar Rp3 miliar bisa habis hanya untuk membeli sebuah buku sejarah pabrikan mobil? Apa istimewanya?

Hal itulah yang dilakukan oleh produsen mobil super mewah dan eksklusif asal Inggris, Bentley. Mengutip dari Motor1.com, mereka baru saja merilis buku untuk memperingati ulang tahunnya yang ke-100.

Buku berisi 800 halaman ini membahas sejarah lengkap Bentley sejak abad pertama. Mulai dari orang-orang yang terlibat di dalamnya, perusahaan, hingga berbagai mobil yang dirilis dan sebatas rencana, semua dikupas secara detail di situ.

Ada 3 edisi yang ditawarkan, pertama ialah The Bentley Centenary Opus. Setiap sampul halaman buku itu memiliki logo Bentley asli yang juga ada di kap mesin dan bagasi belakang semua mobil Bentley.

Tersedia dalam 4 pilihan warna sampul buku ini menggunakan bahan kulit yang sama seperti pelapis interior mobil Bentley. Jumlahnya tentu terbatas, versi ini hanya dicetak sebanyak 500 eksemplar.

Yang lebih terbatas lagi ialah Mulliner Edition, hanya ada 100 eksemplar. Versi ini tersedia dalam 17 pilihan warna, hand-made, dan dilengkapi slip-case aluminium yang sama dengan bahan mesin Bentley.

Di dalam kotak tersebut terdapat potongan karet ban kiri depan Bentley Speed 8 yang memenangkan balapan Le Mans 2003. Pembeli edisi ini juga mendapat fasilitas tour di pabrik Bentley dan menginap di salah satu hotel bintang 5 London.

Pada bagian depan Centenary dan Mulinner Edition akan terpasang foto pembeli, Bentley yang ia miliki, dan berbagai pencapaiannya seputar Bentley, serta menganggap mereka sebagai bagian dari sejarah pabrikan asal Inggris tersebut.

Paling mahal ialah Carat Edition yang hanya ada 7 eksemplar di dunia. Berlapis berlian, mungkin edisi ini menjadi buku otomotif termahal di dunia dengan harga USD260.000 USD260.000 atau setara dengan Rp3,8 miliaran (Kurs USD1 = Rp14.510).

BACA INI JUGA DONG OTOLOVERS

(kpl/crn)
TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami