Bukti Keseriusan Indonesia-Malaysia untuk Otomotif ASEAN

Indonesia dan Malaysia berencana untuk kolaborasi untuk pengembangan industri otomotif ASEAN. Kerjasama kedua negara itu kini nampaknya makin serius.

Rabu, 15 Agustus 2018 22:15
Foto by Liputan6.com
Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Indonesia dan Malaysia berencana untuk kolaborasi untuk pengembangan industri otomotif ASEAN. Kerjasama kedua negara itu kini nampaknya makin serius.

Langkah sinergi kedua negara serumpun ini, ditandai dengan pertukaran Memorandum of Agreement (MoA), antara Presiden Institut Otomotif Indonesia (IOI), I Made Dana Tangkas dan CEO Malaysia Automotive Institute (MAI), Dato Mohamad Madani Sahari.

"Indonesia bersama malaysia ingin menjadi pelopor di ASEAN, karena kita menyadari bahwa ASEAN merupakan satu kekuatan ekonomi yang cukup besar," jelas Direktur Jenderal Ketahanan dan Pengembangan Akses Industri Internasional (KPAII), Kementerian Perindustrian (Kemenperin), I Gusti Putu Suryawirawan, dalam pernyataan resmi yang diterima Liputan6.com, Selasa (14/8/2018).

Lanjut Putu, kerjasama ini akan meliputi pengembangan kompetensi sumber daya manusia, penguatan rantai pasok, peningkatan daya saing industri komponen, serta kegiatan penelitian dan pengembangan (RnD).

Selain itu, kerjasama Indonesia-Malaysia ini diharapkan bisa membuat koponen bersama yang kritikal dan nonkritikal untuk diproduksi dan dipasarkan di Asia Tenggara.

"Dengan populasi yang sangat besar hingga mencapai 650 juta jiwa, menjadi potensi market khususnya agi industri otomotif," tambahnya.

Sementara itu, menurut Presiden IOI, I Made Dana Tangkas, dengan kekuatan industri otomotif kedua negara, bisa mengenal konten ASEAN untuk kendaraan dari komponen yang diproduksi oleh negara ASEAn.

"Sekarang minimal di masing-masing negara lokal konten 40 persen, kalau dijumlah bisa mencapai 100 persensehingga bisa disebut ASEAn content," tandasnya.

Hasil akhir dari kerjasama kedua negara ini nantinya akan menghasilkan mobil ASEAN. Kerjasama kedua negara ini juga kemungkinan akan melibatkan Thailand.

Sumber: Liputan6.com

SUDAH BACA INI BELUM?

(kpl/tys)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami