Bukan Hanya Mobil Biasa, Kota Ini juga Melarang Mobil Listrik dan Hybrid

Setelah Barcelona, kini kota di Inggris, York juga melarang mobil melintas. Bahkan juga melarang mobil listrik dan hybrid.

Senin, 13 Januari 2020 20:45
Bukan Hanya Mobil Biasa, Kota Ini juga Melarang Mobil Listrik dan Hybrid York City, Inggris (Thetimes.co.uk)

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Beberapa kota di beberapa negara maju sudah menyatakan pelarangan untuk mobil bermesin konvensional, yakni mesin bensin atau solar. Mereka masih memberikan izin jika itu adalah mobil listrik atau hybrid.

Tapi rupanya salah satu kota di Inggris, York, tak begitu. Di York, mobil listrik dan hybrid juga masuk dalam daftar mobil yang dilarang. Yor juga disebut menjadi kota pertama yang memberlakukan aturan ini.

Menurut Express.co.uk, aturan tersebut akan diimplementasikan kurang dari tiga tahun lagi. Aturan itu disebut bisa meluas siring periode waktu tertentu.

1 dari 2 Halaman

Wakil Pimpinan Dewan Kota York, Andy D'Agorne mengatakan, York berkomitmen untuk menjadi kota bebas karbon pada tahun 2030.

"Mengurangi kemacetan dan untuk mendorong penduduk serta pengunjung untuk berkeliling kota yang indah ini secara berjalan kaki, bersepeda, dan menggunakan angkutan umum," jelas D'Agorne.

Aturan itu sudah disetujua Anggota Dewan sejak 19 Desember 2019 lalu. Mereka mengungkapkan akan bekerja sama untuk menyukseskan upaya ini.

2 dari 2 Halaman

Lebih lanjut, layanan bus umum dan pengemudi difabel masih diizinkan untuk menggunakan mobil merka di pusat kota setelah aturan tersebut berlaku. Dewan York mengatakan, Undang-Undang itu tidak akan memengaruhi bisnis pengiriman barang atau mengganggu wisatawan memasuki pusat kota bersejarah itu.

"Area perbelanjaan kami sebagian besar bisa dijangkau dan dilalui oleh pejalan kaki. Kami juga sedang mencari opsi untuk membawa hal ini ke tingkat lebih lanjut," tambah D'Agorne.

(kpl/tys)

Join Otosia.com
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami