Ternyata Ini Asal Usul Rossi Lakukan Ritual Jongkok

Kejadiannya saat dia memulai kariernya di Aprilia pada 1996 di kelas 125cc. Lalu ritual itu...

Kamis, 14 Desember 2017 08:00
Rossi sedang melakukan ritual jongkok sebelum balapan (600rr.net)
Editor : Rohimat Nurbaya
Reporter : Rohimat

Otosia.com - Pebalap Yamaha MotoGP, Valentino Rossi memiliki kebiasaan unik menjelang balapan. Setiap sebelum keluar pit lane, biasanya Rossi berlutut di sisi motornya sambil memegang footstep. Tak hanya itu, setelah naik ke motor biasanya Rossi sesekali menarik-narik bagian celananya.

Banyak yang menganggap ritual yang kerap dilakukan Rossi itu berhungan dengan hal gaib. Selama ini, orang-orang mengira yang dilakukan Rossi itu berbicara dengan tunggangannya. Padahal ternyata tidak. Rossi pun melakukan klarifikasi terhadap itu.

"Awalnya saya tidak memiliki baju balap yang pas dengan ukuran saya, saya punya satu jaket kulit dan berjongkok agar lebih pas," kata Rossi dikutip dari laman tuttomotoriweb.com.

Menurut Rossi, kejadiannya saat dia memulai kariernya di Aprilia pada 1996 di kelas 125cc. Ketika itu dia sudah melakukan gerakan jongkok di dekat sepeda motornya sebelum balap. Alasannya seperti tadi yang dia ungkapkan, dia tak punya baju balap yang pas. Semua kekecilan.

Setelah Valentino menangi sembilan kali gelar juara dunia, menangkan 115 kali race, 227 podium dan 64 pole, Valentino Rossi memiliki baju balap yang sudah disesuaikan dengan sempurna. Harganya pun lebih mahal. Namun, gerakan jongkok tadi tetap dia pertahankan.

"Saya terus melakukannya, itu menjadi ritual untuk berkonsentrasi. Tapi saya tidak berbicara dengan motornya, setidaknya sekarang," ujar dia.

Kaus kaki

Di luar kebiasaan jongkok di samping motor, Rossi memiliki kebiasaan lain, yakni menyiapkan kaus kaki. Saat keberangkatan ke negara lain, dimulai dengan persiapan koper. Secara khusus, dia mencurahkan banyak perhatian pada penataan kaus kakinya. Rossi mengemas kaus kaki kesayangannya itu dalam koper dengan cara tertentu.

"Beberapa kaus kaki lebih penting daripada yang lain. Saya memilih untuk dipakai dalam latihan bebas, kualifikasi dan dalam lomba," tutur dia.

Bagi orang lain, kaus kaki Valentino Rossi itu semua terlihat sama, tapi Valentino melihat perbedaan antara sepasang dan yang lainnya. Di dalam kotak, begitu juga di rumah. Rossi mengatur kaus kaki itu dengan cara yang sangat tepat.

BERITA MENARIK LAINNYA

(kpl/mat)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami